10 Penyakit yang membuat kulit berbintik & bernanah

Penyakit yang membuat kulit berbintik & bernanah

Penyakit yang membuat kulit berbintik & bernanah – Kulit kita dapat terinfeksi oleh bakteri, virus, serta jamur sampai memunculkan bintik merah serta bahkan juga bernanah. Bintik merah pada kulit dapat jadi tanda-tanda terdapatnya penyakit infeksi seperti cacar, kudis, impetigo, folikulitis, serta dermatitis yang terinfeksi.

Kulit berperan membuat perlindungan otot, tulang, serta organ di pada tubuh kita. Akan tetapi, kulit dapat juga alami infeksi. Berikut beberapa penyakit yang bisa memunculkan bintik merah pada kulit serta bernanah.

Penyakit yang membuat kulit berbintik & bernanah

Bisul

Bisul (boils) ialah infeksi kulit dalam folikel rambut atau kelenjar minyak yang dikarenakan oleh bakteri Staphylococcus. Penyakit ini diikuti dengan pergantian warna kulit jadi merah serta muncul tonjolan lunak di daerah yang terinfeksi. Sesudah 4-7 hari, tonjolan itu mulai beralih warna jadi putih, serta tercipta nanah di bawahnya. Bisul seringkali berlangsung pada seorang yang tidak mengawasi kebersihan badan, kurang gizi, mempunyai kebal badan yang lemah, atau menanggung derita diabetes.

Impetigo

Impetigo ialah infeksi kulit yang begitu menyebar, seringkali berlangsung pada bayi serta anak-anak. Keadaan ini dikarenakan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Impetigo mengakibatkan luka lecet atau bintik merah pada kulit muka terpenting di seputar hidung serta mulut, dan tangan serta kaki. Dari luka ini akan keluar cairan berwarna kuning, yang bisa jadi kering serta berkerak. Impetigo dapat diobati dengan memoleskan cream atau tablet antibiotik yang diresepkan oleh dokter.

Selulitis

Selulitis ialah infeksi pada kulit serta jaringan lunak di bawahnya karena bakteri. Selulitis bisa mengakibatkan kulit abuh, merah, berasa panas atau perih, serta bernanah. Penyakit ini seringkali berlangsung di kaki, akan tetapi tidak tutup peluang muncul dibagian badan mana saja. Selulitis butuh selekasnya diobati, sebab bila tidak, infeksi bisa menebar secara cepat serta meneror nyawa.

Jerawat

Sejumlah besar orang tentu sempat berjerawat, tidak tahu itu di muka, punggung, atau dada. Jerawat mudah awalannya bisa berbentuk bintik-bintik hitam atau putih, sedang yang kronis bisa memunculkan bintik merah meradang berisi nanah serta mengakibatkan jaringan parut. Ada tiga type obat yang dapat dibuktikan dapat mengobati jerawat, yakni benzoyl peroxide, kelompok retinoid, serta antibiotik. Akan tetapi, disarankan selalu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dulu bila ingin menangani jerawat.

Furunkulosis

Furunkulosis ialah infeksi bakteri pada kulit yang membuat tonjolan bernanah serta berasa ngilu. Tonjolan ini dimaksud furunkel. Furunkel umumnya berbentuk tonjolan merah kecil di ruang kulit yang berbulu, terpenting pada ruang yang seringkali alami gesekan atau muncul keringat, contohnya di leher, ketiak, paha, pantat, serta seputar anus. Bila furunkel bergabung, jadi bisa jadi bisul besar yang dimaksud carbuncle.

Baca juga : obat gatal bernanah

Carbuncle

Carbuncle seringkali dikarenakan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang tinggal di permukaan kulit, tenggorokan, serta aliran hidung. Bakteri ini bisa mengakibatkan infeksi atau bisul merah yang ngilu dan bernanah, yang tersambung keduanya dibawah kulit. Carbuncle umumnya berlangsung pada daerah badan yang berbulu, tetapi juga bisa tampil di pantat, paha, selangkangan, serta ketiak. Penyakit ini seringkali dihadapi oleh pria 1/2 baya atau lebih tua, yang kesehatannya lebih buruk atau mempunyai kebal badan yang lemah.

Folikulitis

Folikulitis ialah radang pada folikel rambut yang dikarenakan oleh bakteri atau jamur. Folikulitis umumnya tampak seperti jerawat merah dengan rambut di tengahnya. Keadaan ini dapat mengakibatkan tonjolan yang merasa gatal atau perih, serta mungkin berisi nanah atau darah.

Anda lebih beresiko menanggung derita bintik merah karena folikulitis pada kulit bila seringkali menggunakan baju ketat, bercukur, berkeringat, dan berendam dalam hot tub (bak air panas) yang tidak dijaga kebersihannya. Folikulitis mudah umumnya pulih dengan sendirinya, akan tetapi disarankan untuk menjumpai dokter bila radang tidak lebih baik atau makin bertambah kronis.

Cacar air

Cacar air ialah penyakit karena infeksi virus varicella-zoster yang memunculkan ruam atau bintik merah pada kulit yang dibarengi perasaan gatal serta timbulnya bintil berisi cairan bening, akan tetapi dapat jadi bernanah bila ditumpangi oleh infeksi bakteri. Penyakit yang dikarenakan oleh virus ini dapat menjangkiti anak kecil serta orang dewasa, dan begitu gampang menyebar. Bahkan juga ada pada sebuah ruang dengan pasien cacar air telah sangat mungkin seorang untuk tertular. Begitupun bila menyentuh beberapa barang yang terserang nanah cacar air.

Dermatitis

Dermatitis ialah peradangan kulit yang diikuti oleh kulit merah, kering, serta gatal. Bila serius, dermatitis bisa menyebabkan kerak atau luka melepuh yang berisi cairan. Keadaan ini umum berlangsung, tidak menyebar, serta umumnya tidak meneror jiwa. Dermatitis bisa dikarenakan oleh masalah pada skema kebal badan, kontak langsung dengan zat pemicu iritasi, bahan penyebab alergi, atau sebab aspek genetik. Gatal serta luka pada kulit karena garukan atau paparan bakteri pada dermatitis bisa memunculkan bintik merah yang bernanah.

Kudis

Kudis dikarenakan oleh tungau kecil yang berada didalam kulit. Mengakibatkan, kulit sangat terasa gatal (terpenting saat malam hari) serta muncul ruam dengan lepuhan kecil atau luka. Bila terinfeksi bakteri, jadi lepuhan bisa jadi bernanah. Kudis semestinya diobati supaya tungau serta telurnya mati. Bila tidak, tungau selalu bertelur serta berkembang biak dibawah kulit, yang lalu akan mengakibatkan semakin banyak luka serta berasa semakin gatal. Tungau kudis bisa menebar lewat kontak langsung dengan pasien, tidur di ranjang yang sama, atau share gunakan handuk, baju, serta barang pribadi yang lain.

Penyakit dengan bintik merah pada kulit yang dikarenakan oleh infeksi butuh memperoleh perlakuan supaya tidak memunculkan rusaknya kulit selanjutnya serta menyebar ke orang yang lain. Bila ada keluhan-keluhan yang ke arah pada penyakit diatas, Sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk memperoleh obat gatal yang sesuai.