2 Contoh Perangkat Lunak Pengolah Data

aplikasi data

Perangkat lunak dalam komputer merupakan hal yang sangat penting karena tanpa adanya perangkat lunak tidak akan bisa menjalankan operasi sistem di dalam komputer. Perangkat lunak ini sangat beragam macam – macam nya.

Berbagai macam perangkat lunak ini biasanya disesuaikan dengan kegunaannya masing – masing dan juga disesuaikan dengan kebutuhannya masing – masing. Perangkat lunak ini biasanya dikelompokkan dalam jenisnya masing – masing.

Perangkat lunak pengolah data juga memiliki berbagai macam aplikasi atau perangkat lunak (software) dan ini disesuaikan dengan kebutuhan dan juga keinginan untuk mengolah data dalam bentuk apa.

Jenis – Jenis Perangkat Lunak Pengolah Data

Perangkat pengolah data ada berbagai macam jenisnya dan mempunyai fungsinya masing – masing sesuai dengan kebutuhannya masing – masing dan juga harus disesuaikan dengan keinginan anda akan mengolah data seperti apa sehingga disesuaikan dengan aplikasi yang akan digunakan.

aplikasi data

Jenis – jenis aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data yaitu sebagai berikut ini :

Perangkat lunak microsoft word

Microsoft office merupakan aplikasi pengolah data yang paling sering digunakan untuk mengolah dokumen atau teks. Microsoft word ini merupakan bagian dari microsoft office yang memang di gunakan untuk mengolah suatu data.

Microsoft word ini sering dipakai untuk membuat dokumen atau teks, mengolah dokumen atau teks serta membuat suatu laporan dan masih banyak yang lainnya yang dapat dilakukan oleh microsoft word ini. Microsoft word memiliki berbagai macam tipenya yaitu berupa

  • microsoft word 2003,
  • microsoft word 2007,
  • microsoft word 2010,
  • microsoft word 2013 dan
  • microsoft word 2016.

Microsoft word ini juga memiliki berbagai macam fungsi yang diantaranya adalah untuk membantu anda dalam membuat ataupun mengolah kata atau teks. Dengan menggunakan microsoft word ini akan membantu dalam pekerjaan anda yang mengharuskan untuk menulis teks, dokumen ataupun menulis surat menyurat dan lain sebagainya.

Selain itu, fungsi yang dimiliki oleh microsoft word ini juga dapat membuat tabel yang digunakan untuk mengolah angka seperti microsoft excel. Namun, penggunaan dari microsoft word ini tidak lengkap pengolahan angka seperti microsoft excel.

Tentunya tak semua komputer memiliki aplikasi tersebut, tetapi aplikasi ini sangat membantu aktifitas perkantoran dan pekerjaan lainnya. Selain itu ada juga aplikasi untuk monitoring seperti team viewer, selengkapnya ada di artikel cara install teamviewer berikut ini.

Kemudian, pada aplikasi microsoft word 2010 dan juga microsoft word 2013 terdapat juga fitur untuk langsung menconvert dari file bentuk word menjadi file berbentuk PDF. Hal ini bisa dilakukan langsung di dalam microsoft word tanpa adanya tambahan aplikasi yang lainnya.

Perangkat lunak microsoft excel

Microsoft excel juga merupakan aplikasi dari microsoft office yang sering digunakan untuk mengolah angka dan sering digunakan oleh karyawan yang bekerja dalam perkantoran atau juga dalam bidang administrasi.

Dengan menggunakan aplikasi microsoft excel ini sangat membantu anda dalam mengolah angka – angka dan aplikasi atau perangkat lunak ini sangat sering digunakan untuk oleh orang – orang yang membutuhkan aplikasi pengolahan angka.

Fungsi dari microsoft excel ini yaitu untuk membuat dan juga untuk mengolah angka dengan cepat dan mudah karena dalam microsoft excel ini terdapatnya rumus – rumus yang membantu anda mempercepat dalam proses penghitungan.

Segala jenis perhitungan dapat dilakukan dengan menggunakan microsft excel dan juga rumus – rumus nya pun sangat beragam dan dapat membantu anda dalam segala jenis perhitungan apa pun.

Dengan adanya rumus – rumus tersebut dapat membantu anda dalam menghemat waktu anda sehingga anda pun tidak akan memakan waktu lama dalam menghadapi proses perhitungan.

Segala jenis perhitungan mempunyai rumus atau formula-nya masing – masing sesuai dengan kebutuhan anda atau sesuai dengan anda ingin mengolah angka dengan seperti apa.