5 Ide Desain dari Bahan Unik

Desain yang baik dan menarik itu tak melulu menghabiskan bujet yang besar dan tak terbatas. Bujet minimal pun bisa bisa menghasilkan karya maksimal. Yang diperlukan hanyalah sebuah kreativ itas dan kejelian untuk memanfaatkan benda yang ada di sekitar. Bermain- mainlah dengan bentuk dan material. Cobalah gunakan benda- benda bekas atau gunakan benda biasa yang sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh Anda. Sebagai inspirasi, ini dia 5 ide penataan berbujet murah, hasil kreasi Aprina Ratih, pemilik restoran Dapoer Ngeboel.

Panel Dinding dari Gebyok

Gebyok adalah pintu berukir yang difungsikan sebagai akses keluar- masuk rumah di dalam bangunan tradisional Jawa. Tapi tahukah Anda bahwa gebyok mampu mempercantik dinding rumah? Anda dapat meletakkannya di ruang tamu atau ruang keluarga. Jika Anda tertarik dengan material ini, disarankan untuk tak membelinya di galeri khusus, karena harganya mahal. Belilah langsung ke penduduk atau kerabat yang dulunya memiliki rumah jawa. Harganya akan jauh lebih murah. Untuk membuatnya berdiri tegak di dinding, ukur tinggi gebyok. Beri 2 titik di kedua ujung atas pintu gebyok. Tak perlu terlalu pinggir, tetapi beri jarak sekitar 30cm dari sudut gebyok teratas. Setelah itu, tanam besi yang ujungnya terdapat pengait. Ini untuk menjaga pintu gebyok berdiri tegak di dinding. Untuk perawatannya, Anda cukup mengelapnya dengan kain lembut yang telah dibasahi sedikit air. Mudah, kan?

Pegangan Tangga dari kayu Bekisting

Kayu dolken atau lebih dikenal dengan kayu bekisting ini sangat mudah dicari. Karena bentuknya yang tak beraturan, kayu ini cenderung tak laku untuk digunakan pada interior rumah. Umumnya kayu ini hanya digunakan sebagai bekisting, yaitu kayu penyangga untuk membuat dak beton dengan sistem konv ensional. Padahal, dengan bentuk yang tak beraturan ini, kayu ini terbilang unik. Harganya pun murah, hanya sekitar Rp6.000/ batang. Yang perlu Anda perhatikan adalah pilih kayu yang usia tua dan kering. Pilih juga kayu dengan bentuk yang menarik agar rumah Anda makin unik. Jangan lupa untuk mengampelasnya kemudian meng- coatingnya sehingga kayu lebih tahan lama. Di sini, kayu bekisting ini digunakan sebagai railing tangga, yang diletakkan dari lantai bawah hingga menyentuk pelat lantai atas. Karena kayu tak lurus, jarak antarkayu tak bisa terlalu rapat. R ailing tangga yang unik dan menarik, kan?

Rumah Lampu dari Kukusan

Kukusan adalah bakul anyaman bambu berbentuk kerucut, yang berguna untuk memasak nasi. Harganya murah, hanya sekitar Rp10.000- an/ buah. Di sini, kukusan tak dipakai sebagai penanak nasi, namun malah dipakai sebagai rumah lampu sekaligus dekorasi plafon. Bentuknya yang tak biasa, membuat lampu kukusan ini menjadi aksen yang sangat menarik mata. Namun perlu diingat, karena gayanya sangat tradisional, rumah lampu kukusan ini tak disarankan untuk dipakai di rumah bergaya modern. Benda ini lebih cocok dipakai pada rumah bergaya tradisional atau kontemporer.

Meja Makan dari Mesin Jahit

Meja ini awalnya adalah meja mesin jahit yang sudah rusak. Harganya Rp100.000/ buah. Kaki mesin jahit yang masih baik kondisinya kemudian dipakai lagi untuk membuat sebuah meja, dengan menambahkan selembar papan kayu jati setebal 3cm di atasnya. Agar unik, kayu ini sengaja tak di- finishing.

Meja Dapur dari Kayu Kapal

Anda pernah datang ke sebuah pameran? Biasanya, di pameran ada banyak stan yang didesain dengan tampilan dan material unik. Nah, jika Anda merasa tertarik dengan salah satu stannya, coba Anda dekati pemilik stan dan tanyakan apakan setelah pameran material stannya akan dijual atau tidak. Seperti halnya meja dapur ini. Meja ini terbuat dari bekas stan di pameran Inacraft di JCC, Jakarta. Stan tersebut terbuat dari kayu kapal bekas. L alu kemudian dibeli dengan harga Rp1 jutaan dan dipakai sebagai meja island di dapur. Bagian bawah meja terbuat dari pasangan bata merah yang diplester. Kayu bekas kapal ditempel ke bata dengan paku tembak berukuran halus. Untuk membuatnya tambah menarik, di bawah meja ditambahkan lampu sorot. Ide yang bisa ditiru, bukan?

Selain barang barang unik diatas sebuah rumah perlu dilengkapi dengan genset sebagai backup listrik. genset diesel merk perkins merupakan merk terbaik. PT. Rajawali Indo merupakan distributor resmi yang jual genset di Medan dan yang jual genset di Bali dengan harga yang bisa dinegosiasikan serta bergaransi.