5 Kebiasaan Penyebab Stress dan Cara Mengatasinya

penyebab-stress-dan-cara-mengatasinya

Tempat kerja merupakan sarang stress, terkadang sumbernya muncul dari kebiasaan kerja. Tanpa Anda sadari, Anda mungkin telah menciptakan tekanan kerja berlebihan yang menjadi penyebab stress.

Berikut ini beberapa kebiasaan penyebab stress dan cara mengatasinya :

1. Menunda Pekerjaan

Tentunya Anda sudah familiar dengan detak jantung yang meningkat serta keringat dingin yang mengalir saat tenggat waktu Anda juga belum menyelesaikan suatu pekerjaan.  Sudah pasti banyak alasan kenapa Anda selalu menunda pekerjaan.

Solusinya : Bila Anda merasa tugas Anda itu sulit atau terlalu banyak yang ingin dikerjakan, coba Anda bagi menjadi beberapa potong tugas kecil dan lakukanlah satu per satu.

2. Mengiyakan Semua Pekerjaan yang Diberikan Kepada Anda

Mungkin karena segan untuk menolak, padahal anda hampir terlarut pada banyaknya tumpukan pekerjaan Anda sendiri. Terkadang Anda lebih memilih lembur untuk menyelesaikan semua pekerjaan. Ini yang menjadikan penyebab stress dan cara mengatasinya adalah :

Solusinya : Bila Anda tidak bisa menolak secara langsung, negosiasikan jumlah beban kerja, terutama bila pekerjaan yang diberikan pada Anda sebenarnya tidak termasuk ke dalam tanggung jawab Anda.

3. Pasrah Dengan Kondisi Kerja yang Tidak Ideal

Kolega yang sangat menjengkelkan, serta bos yang selalu menuntut, atau tempat kerja yang tidak menyenangkan sehingga sulit untuk dihindari. Kemungkinan Anda berpikir ya sudahlah, sabar saja, yang penting fokus terhadap pekerjaan. Menurut riset yang telah dilakukan oleh Cambridge University, hubungan interpersonal di lingkungan kerja yang tidak ideal adalah salah satu pemicu terjadinya stress.

Solusinya : Setiap orang memiliki prioritas yang berbeda, namun bila kesehatan fisik dan mental Anda terganggu karena disebabkan oleh lingkungan kerja yang tidak mendukung, coba untuk mengunjungi HR untuk membahas masalah serius. Tidak ada yang mewajibkan Anda untuk harus bekerja di tengah kondisi buruk.

4. Overthinking

Penyebab stress dan cara mengatasinya yang selanjutnya adalah overthinking. Terkadang Anda lebih sering memikirkan kembali keputusan serta langkah yang Anda ambil bahkan jauh setelah tugas selesai. Tidak jarang Anda terus berpikir “Andaikan…” dan menanyakan ulang hingga sebelum tidur.

Solusinya : Kami mengerti sebenarnya Anda ingin mengambil keputusan yang tepat. Bila Anda telah melakukan persiapan dan riset, yakinlah kepada diri sendiri bahwa Anda telah melakukan pilihan yang tepat saat itu. Setelah tugas selesai berhenti untuk memikirkan hal yang tidak bisa diulang kembali karena itu akan membuat Anda menjadi lebih stress.

5. Tidak Proaktif

Anda lebih merasa bahwa Anda telah bekerja dengan baik, ingat bos juga memperhatikan, hanya saja Anda tidak selalu dapat promosi serta mendapat kenaikan gaji. Sehingga menjadikan Anda frustasi karena kurangnya apresiasi. Itulah kebiasaan penyebab stress dan cara mengatasinya berikut ini.

Solusinya : Apa yang Anda pikirkan, terkadang, tidak ada yang menawarkannya kepada Anda bila tidak aktif  dalam mengejarnya. Ingat juga bahwa Anda harus siap terhadap bukti bahwa sudah saatnya Anda di promosi dan mendapat kenaikan gaji.