Acara Kelulusan di Jakarta

Acara Kelulusan di Jakarta

Sekolah Menengah Atas atau SMA merupakan sekolah lanjutan setelah menuntaskan masa belajar selama tiga tahun di bangku sekolah menengah pertama. Masa-masa SMA merupakan masa yang paling indah bagi sebagian orang dikarenakan banyaknya masa-masa yang dilalui seperti pencarian jati diri, cinta pertama, bolos, teman yang sesungguhnya, dan lainnya. Oleh karenanya, acara kelulusan SMA merupakan acara yang paling dinanti-nanti oleh siswanya sebagai peresmian bahwa telah menyelesaikan pendidikan di bangku SMA.

Acara Kelulusan di Jakarta

Rata-rata acara kelulusan SMA di tanah air terbilang sama. Namun, ada beberapa hal yang membedakannya yaitu Graduation dressĀ  codeĀ  dan temanya seperti acara kelulusan yang digelar oleh SMA di Jakarta. Berikut ulasannya.

  1. Dress Code Baju Adat

Sebenarnya dress code baju adat bukanlah ide kreatif sekolah, hal tersebut merupakan kebijakan presiden RI. Tema baju adat ini dipilih dengan tujuan agar siswa-siswa di Jakarta dapat mengokokohkan rasa cinta tanah air. Salah satu sekolah yang menerapkan aturan ini adalah SMA Negeri 48 Jakarta.

  1. Prom Night

Prom night masih terbilang jarang diadakan sebagai pesta kelulusan SMA pada umumnya. Pesta kelulusan prom night merupakan sebuah pesta kelulusan yang sering diadakan oleh siswa SMA di Jakarta tentunya dengan pengawasan para guru dan orangtua agar prom night berjalan sesuai dengan aturan yang diterapkan.

  1. Pentas Seni

Pentas seni merupakan wadah yang tepat untuk mementaskan persembahan karya seni siswa. Memang pentas seni adalah acara pesta kelulusan yang biasa digelar, namun pergelaran pesta kelulusan ini memberikan sedikit perbedaan dengan perayaan yang diadakan para siswa SMA di Jakarta. Para siswa di Jakarta mengadakan pentas seni dengan berbagai tema dan waktu pelaksanaan yang cukup panjang.

  1. Pesta Inisiatif Sendiri

Pesta inisiatif sendiri memang terkadang membahayakan bagi para siswa. Pesta kelulusan yang satu ini sebenarnya tidak mendapatkan izin resmi dari pihak manapun. Acara coret-coret baju dan konvoi bagi mereka adalah salah satu cara untuk meluapkan kebahagiaan atas kelulusan yang diperoleh. Namun, hal tersebut tidak layak ditiru dan harus dimusnahkan.

Itulah empat perayaan kelulusan SMA yang biasa diselengggarakan di Jakarta. Perayaan yang baik harus tetap diteruskan, namun perayaan kelulusan dengan cara yang buruk seharusnya dapat dihindari dan disikapi dengan bijak.

Read More :: Amouduniversity