Mengenal Alat Kejut Jantung Defibrillator Sebagai Unit Pertolongan Pada Serangan Jantung

Defibrillator

Terdapat banyak sekali peralatan medis yang ada di rumah sakit dan klinik, baik yang digunakan secara khusus ataupun digunakan secara darurat. Salah satu alat medis yang berfungsi untuk tindakan darurat yaitu alat kejut jantung. Alat ini lebih terkenal dengan sebutan defibrillator. Mau tahu lebih lanjut tentang alat ini ? Berikut penjelasannya.

Pengertian Alat Kejut Jantung

Defibrillator

Dari nama alat tersebut kita bisa menebak bahwa alat tersebut memiliki fungsi untuk mengejutkan jantung. Namun pertanyaannya adalah, mengapa jantung perlu dikejutkan ? Dan apa efek yang ditimbulkan setelah dikejutkan ? Defibrillator merupakan perangkat elektromedis yang berguna untuk menormalkan irama jantung yang tidak teratur.

Pada saat jantung mengalami Fibrilasi Ventrikel dimana jantung bergetar dengan getaran yang sangat kencang sehingga tidak dapat berfungsi memompa darah. Jika hal ini dibiarkan maka dapat membuat orang mengalami efek yang lebih parah hingga kematian mendadak. Satu – satunya tindakan yang dilakukan pada saat seperti ini ialah kejutan listrik menggunakan alat defibrillator.

Cara Kerja Defibrillator

Defibrillator merupakan perangkat elektromedis yang terdiri dari unit yang dapat mengalirkan energi listrik dalam jumlah tertentu melalui dua buah pedal elektroda. Ketika kondisi seperti diatas terjadi, defibrillator bekerja dengan cara memberikan sengatan listrik pada jantung untuk mengejutkan titik ventrikel yang mengalami gangguan. Jika proses yang dilakukan benar dan energi yang digunakan tepat, jantung akan terkejut dan memulai detaknya kembali dengan kondisi normal.

Harga Defibrillator

Tahukah anda berapa satu unit defibrillator ? Jawabnya tentu berfariasi tergantung dari merk dan juga tipenya. Kita mengenal ada dua jenis defibrillator yaitu defib manual dan otomatis. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari toko alkes yang jual defibrillator untuk satu unit defibrillator manual biasanya mulai dari harga 60 juta hingga ratusan juta rupiah, sedangkan untuk defibrillator otomatis lebih murah.

Penggunaan Defibrillator

Alat ini sekarang menjadi alat emergency yang ditempatkan di berbagai fasilitas umum seperti di mall besar, di pabrik, stadion, bandara, stasiun dan ditempat – tempat lain yang banyak dikunjungi orang. Hal ini agar proses pertolongan sewaktu – waktu dapat dilakukan dengan mudah.