Belajar Mengemudi Mobil Matic dan Berbagai Tipsnya

belajar menyetir mobil matic mobil123com

Dunia teknologi semakin maju dan juga berkembang, salah satunya adalah di bidang otomotif. Produsen mobil sendiri terus berbenah memberikan tawaran yang lebih inovatif, nyaman, mudah, dan juga aman untuk setiap pengguna atau konsumennya, termasuk di Indonesia. Apalagi sekarang ini, Indonesia sudah menjadi salah satu negara konsumtif dan pengikut perkembangan berbagai tren.

Seperti halnya mobil, yang dulunya hanya ada mobil manual. Kini sudah menjamur mobil matic atau otomatik yang memberikan berbagai kemudahan untuk para pengemudinya. Namun bagi Anda yang ingin belajar menyetir mobil matic, ada beberapa tips atau cara yang harus Anda pahami Terutama ketika berada di tanjakan macet ataupun mobil berada pada kondisi tertentu berikut ini informasi.

Belajar Menyetir Mobil Matic

belajar menyetir mobil matic mobil123com
sumber: mobil123.com

Menangani Kemacetan

Macet atau dalam kondisi tanjakan merupakan salah satu kondisi yang harus ditangani oleh seorang pengemudi. Umumnya banyak pengemudi baru yang merasa panik atau tidak bisa menangani mobilnya, ketika melewati jalur yang bersifat tanjakan ataupun macet. Ketika anda berada di daerah pegunungan, sebaiknya Anda lekas membedakan transmisi pada posisi l atau 2.

Khusus untuk Anda yang sedang belajar menyetir mobil matic, posisi ini bisa mengamankan mobil Anda sehingga beralih untuk tingkat gigi yang lebih rendah. Memang mobil akan berjalan menjadi lebih lambat, namun kecepatan tersebut sudah sangat pas atau sesuai dan mobil akan sampai ke tujuan yang anda inginkan.

Umumnya mobil matic sendiri sudah dilengkapi dengan fitur Hill Start Assist Control atau biasa disebut dengan HAC. Fitur anti mundur yang ada dalam tanjakan sehingga tidak perlu khawatir lagi atau merasa kerepotan mengendarai mobil matic di tanjakan yang macet. Di sisi lain gunakan juga atau memanfaatkan juga rem dan juga tuas transmisi, agar tidak salah dengan menggunakan transmisi yang sesuai. Maka anda bisa memfungsikan mesin dengan sesuai dan anda membuat mesin menjadi lebih awet.

Hold BBM (Bahan Bakar Minyak)

Selanjutnya harus Anda pahami ketika belajar menyetir mobil matic adalah memahami fitur hold yang ada pada mobil matic. Umumnya fitur ini dilakukan untuk anda yang melaju di perkotaan dan bisa membantu menghemat bahan bakar. Fitur ini penting sekali dipahami karena tombol tersebut merupakan fitur penguncian gigi dan dapat dioperasikan. Pada tuas ketika berada di posisi D atau kecepatan yang lumayan menengah atau tinggi ketika mobil dihidupkan. Maka fitur hold akan mengunci mobil pada gigi 2 ataupun 3. Titik ini sangat berguna terutama bagi Anda yang pemula atau yang pertama kali menggunakan mobil matic.

Pedal Mobil Matic

Anda tentu tahu perbedaan antara mobil manual juga mobil matic adalah ada pada pedalnya. Jika mobil manual terdapat tiga hal yakni gas, rem, dan juga kopling. Maka pada mobil matic hanya terdapat 2 yaitu gas dan rem saja. Saat anda mendengar kata mobil matic, pastinya anda sudah tahu bahwa penggunaannya cukup mudah jika dibandingkan dengan mobil manual. Bagi Anda yang ingin belajar mengemudi mobil matic tentu tidak perlu kesulitan layaknya mobil manual.

Namun tetap saja ada beberapa hal yang belum berubah dan hampir menyamai mobil manual biasa. Salah satunya adalah keharusan mengganti tuas transmisi, dan juga fokus dalam menyetir. Mengingat karena hanya ada 2 pedal rem dan juga gas. Maka anda harus lebih teliti dan juga lebih aware, dalam menggunakan mobil.

Sudah terjadi beberapa kasus bagi para pemula atau pengemudi yang pertama kali menggunakan matic, yang tidak bisa mengontrol antara rem dan juga gas. Gunakan transmisi 1 jika anda merasa ragu-ragu ketika pertama kali menjalankan mobil tersebut.