Bunga Papan Dari Waktu Ke Waktu

Seiring dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, bunga papan terus berkreasi di tangan-tangan kreatif. Sejak kehadirannya di Indonesia pada abad ke-19, bunga ini selalu berganti rupa. Pada Abad ke-19 misalnya, benda ini hanya di bentuk dari tanaman rambat yang berbentuk gulungan dengan aksen bunga yang ditempel di papan, kemudian disulam membentuk abjad-abjad yang menyatu menjadi kalimat turut berduka cita atau ucapan selamat. Ukurannya pada jaman itu juga masih besar, yakni 3 x 2 meter.

Kehadirannya disambut positif oleh berbagai kalangan, juga membuatnya semakin diminati. Papan yang tadinya hanya berisi tulisan-tulisan yang dibentuk dari sulaman bunga-bunga dengan aneka huruf yang berbeda, sekarang sudah menjelma menjadi sebuah karya seni apik yang banyak disukai. Perkembangan ini bisa dilihat dengan padu padanan streofoam, bunga, dan papan yang digunakan di era abad ke-21. Warna-warni bunga varian baru hasil persilangan di 20 tahun terakhir juga ikut menjadi sebab bertambahnya nilai estetikanya.

Bunga papan printing juga berhasil menarik peminat lama, karena harganya yang terjangkau namun tetap berkelas. Aksen bunga berbagai warna di pinggir dan sekelompok bunga serta daun yang berada di tengah atas dan bawah membawa kesan tiga dimensi yang menarik. Awalnya hanya sebuah papan dan bunga, lantas menjadi sebuah hadiah yang dapat mengeluarkan energinya sendiri. Mempunyai daya pikat bagi siapa pun yang melihatnya. Inilah kehebatan sebuah karya seni.

Di tahun 2018 lalu, bunga papan juga menunjukkan geliatnya dengan latar papannya yang dihiasi bunga berbagai warna. Bunga-bunga yang berwarna indah itu seolah mampu menjadi hiasan abadi namun tetap tidak mendominasi bagian tulisan ucapan yang menjadi inti dari hadiah.  Selain itu, layer atau pinggiran bunga membuat tampilannya semakin terkesan apik dan mempunyai nilai seni yang sangat tinggi. Di tahun ini, banyak toko bunga di surabaya semakin berani memadu padankan warna bunga, juga menabrakkan warna-warna yang sebelumnya belum pernah disatukan. Hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman yang sudah semakin maju. Tabrakan warna di era ini sudah menjadi trend yang disambut baik oleh berbagai pihak. Ukurannya pun sudah beraneka macam, ada yang sedang dan besar.