Cara Berternak Perkutut

Cara Berternak Perkutut – Perkutut masih menjadi burung kicau yang dilirik para penghobi burung khususnya para orang tua. Burung ini memang dipelihara oleh kicaumania yang mencari suara burung Perkutut peliharaan dengan suara yang unik. Pasalnya, burung lokal indonesia ini memiliki suara kicau yang merdu dan santai. Tidak hanya itu, pada masa lalu, burung ini merupakan salah satu simbul status bagi masyarakat jawa. Karena hal – hal tersebutlah burung ini masih dicari para penghobi.

Burung Perkutut

Cara Berternak Perkutut Yang Perlu Anda Pelajari

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba beternak perkutut. Berikut ada beberapa cara berternak perkutut yang perlu Anda pelajari serta bisa juga simak di cenayangkicau.com untuk tips lainnya.

  • Memilih Indukan

Langkah pertama dalam memulai budidaya burung perkutut ialah memilih bakalan indukan. Disini Anda bisa mencari bibit perkutut muda untuk dijadikan indukan dengan usia minimal 4 bulan. Atau Anda bisa langsung membeli indukan yang sudah sejodoh. Yang perlu diperhatikan ialah Anda harus memilih burung betina dengan usia yang lebih tua. Tidak hanya itu, pilih indukan Perkutut jantan yang memiliki suara yang bagus baik di depan, tengah dan ujung belakang. Perhatikan pula irama suara dan bentuk tubuh burung perkutut indukan yang hendak dipilih.

  • Kandang

Untuk memulai usaha ternak perkutut, Anda juga membutuhkan kandang yang lebar. Biasanya bisa menggunakan kandang permanen yang terbuat dari kawat atau kandang gantung dari biasa. Untuk ukuran kandang bisa menggunakan patokan tinggi kandang 45-180cm dengan lebar 60 cm. Untuk panjang bisa berukuran 100-180cm. Untuk atap kandang bisa menggunakan bahas asbes atau genteng. Usahakan meletakkan kandang ternak yang mendapat cukup sinar matahari.

  • Pakan

Untuk memancing perkutut agar cepat kawin, Anda bisa memberikan pakan berupa biji – bijian yang berkualitas. Anda bisa mencampurkan kacang hijau hingga minyak ikan agar burung cepat birahi.

  • Bahan sarang

Burung perkutut biasanya mengerami telurnya selama 2 minggu. Untuk membantu burung perkutut membuat sarang, Anda bisa menyediakan wadah sarang khusus yang ditempelkan di sudut sangkar. Anda juga bisa menyediakan bahan seperti daun cemara hingga rumput kering agar perkutut membuat sarang sendiri.