Cara Mencuci Karpet Masjid Untuk Orang Awam

Cara Mencuci Karpet Masjid

Cara Mencuci Karpet Masjid – Karpet masjid biasanya digunakan sebagai sajadah atau alas untuk sajadah dan bagian dari alat perlengkapan shalat. Karena digunakan untuk shalat maka karpet masjid harus selalu dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran atau najis. Oleh karena itu anda juga harus tahu bagaimana cara mencuci karpet masjid dengan baik dan benar, agar karpet selalu tampak bersih.

Karpet masjid biasanya mudah kotor dan rusak, maka dari itu anda harus memilih jenis karpet yang kualitasnya bagus dan cara perawatannya pun mudah. Bagi anda yang berdomisili di Kota Jakarta maka anda bisa membeli karpet masjid di tempat penyedia karpet yang jual karpet masjid di depok. Jika anda membeli karpet masjid yang berkualitas baik, maka karpet tersebut tidak akan mudah rusak atau luntur.

Cara Mencuci Karpet Majid Dengan Baik Dan Benar

Konsep dan desain interior masjid biasanya dibuat dengan menggunakan konsep yang terbuka, sehingga mudah sekali kotoran atau debu masuk ke dalam masjid. Karpet masjid harus dicuci dengan cara berkala, apalagi kebersihan adalah sebagian dari iman. Tetapi karena ukurannya yang besar dan lebar, cara mencucinya pun pasti tidak akan mudah.

Dengan begitu anda harus mengikuti beberapa langkah berikut dalam mencuci karpet masjid dengan tepat. Caranya yaitu :

Bersihkan karpet masjid dengan menggunakan vacuum cleaner

Kebanyakan kotoran yang menempel pada karpet yang terdapat di sebuah masjid, biasanya merupakan partikel debu yang menyalip di sela-sela seratnya. Sehingga upaya yang paling efektif dalam membersihkan karpet tersebut, adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Debu harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum karpet disiram dengan air.

Sehingga proses pencucian pun dapat dilakukan dengan mudah, karena jika anda membersihkan karpet dengan debu yang tebal akan lebih sulit. Anda juga akan kerepotan jika karpet tersebut sudah terlanjur basah.

Menggantung karpet di jemuran khusus

Untuk lebih memudahkan pekerjaan anda maka anda bisa menggantungkan karpet tersebut di jemuran khusus. Sebaiknya anda juga tidak mencuci karpet di atas lantai secara langsung karena prosesnya akan lebih ribet. Lalu gunakan tempat menjempur yang terbuat dari besi, atau anda bisa membuat gantungan khusus.

Menyemprot karpet masjid dengan air yang bertekanan tinggi

Gunakan air yang bertekanan tinggi untuk menyemprot karpet masjid tersebut, dengan menyemprotkan air dengan tekanan tinggi maka partikel debu atau kotoran yang terdapat di karpet tersebut akan ikut luruh. Semprotkan air tersebut secara merata ke seluruh bagian karpet dan jangan sampai ada yang kotoran yang tertinggal.

Memakai sabun yang khusus untuk membersihkan karpet

Agar tidak salah sebaiknya anda menggunakan sabun khusus untuk membersihkan karpet, agar karpet tidak mudah rusak saat dibersihkan. Jangan menggunakan deterjen untuk mencuci karpet karena hal itu akan membuat serat dari bahan karpet mudah rusak.

Itulah sebabnya anda harus membeli karpet masjid yang kualitas bahannya teruji di tempat penyedia karpet yang jual karpet masjid di depok. Agar proses perawatannya seperti mencucinya pun lebih mudah.