Eksotisme wisata Pantai Ngliyep Malang

Pantai Ngliyep

travelmalang.id – Malang tidak hanya terkenal dengan pantai Balekambang, Malang pun terkenal mempunyai pantai yang paling menawan. Ombaknya lumayan besar, dan ketika liburan cukup tidak sedikit wisatawan yang berduyun-duyun mendatangi pantai ini. Namanya Pantai Ngliyep.

Pantai Ngliyep mempunyai keindahan yang mempesona. Terdapat tebing di bibir pantai, di samping itu tidak sedikit juga pasir putih yang menjadikan pantai ini nampak begitu indah. Karena daya tarik keindahannya tersebut, pantai Ngliyep disinggung sebagai pantai Lombok-nya Malang.

Pantai Ngliyep

Pantai Ngliyep mempunyai panorama yang begitu indah, mempunyai hamparan pasir putih yang lembut dan lokasi bermain yang luas dengan ditumbuhi pepohonan yang rindang. Bahkan buaian gelombangnya pun lumayan menarik guna dinikmati.

Karena itulah namanya Ngliyep yang memiliki makna setiap orang yang menyaksikan pantai ini bakal merasa mengantuk dan tertidur (bahasa Jawa: liyep-liyep). Pantai Ngliyep dikelilingi oleh tebing-tebing yang curam dan hamparan hutan tropis di sekitarnya.

Terdapat suatu pulau kecil yang mempunyai nama Gunung Kombang yang terdapat suatu petilasan yang biasa dikunjungi wisatawan.

Tempat wisata di sekitar Pantai Ngliyep

Tak jauh dari Ngliyep, di sebelah kiri terdapat suatu teluk dengan pemandangan yang tak kalah eksotis, yakni Teluk Putri. Untuk pergi ke ke sana, pengunjung cukup hanya dengan berjalan ke sisi kiri kemudian naik ke bukit yang tak terlalu tinggi untuk dinaiki.

Disebut dengan Teluk Putri, sebab di teluk ini dilapisi pasir putih yang sangat bersih serta halus dan lembut sehalus kulit semua putri. Ketebalan pasir putih yang berada disini kurang lebih dari 40 cm. Memang hamparan pasir tidak luas yaitu tak lebih dari 100 meter saja, tetapi nyaman untuk lokasi menyepi atau menyendiri. Hanya saja pengunjung di sini mesti hati-hati sebab terkadang gelombang laut yang datang dapat cukup besar.

Oleh karena hal tersebut pengunjung tidak diizinkan mendekat hingga di bibir pantai. Pengunjung hanya boleh berada di kawasan pasir putih.

Acara Tahunan di Pantai Ngliyep

Setiap tanggal 14 bulan Maulud (Rabiulawal), pantai Ngliyep bakal lebih ramai dari hari biasa sebab selalu diselenggarakan acara labuhan. Kegiatan labuhan ini telah ada secara turun-temurun semenjak masa Mbah Atun, orang yang disebut – sebut sebagai  penemu Pantai Ngliyep.

Labuhan ialah kegiatan masyarakat adat Jawa berupa selamatan dengan menyembelih domba atau sapi yang disedekahkan untuk masyarakat di sekitar lokasi pantai. Namun, beberapa makanan pun dilarung atau ditebarkan ke tengah laut.

Upacara ini dilaksanakan oleh masyarakat Kedungsalam dengan membawa sesaji beraneka ragam dan diiringi kesenian Jaranan. serta semua pengawal yang mengenakan pakaian adat. Sesaji tersebut diarak mengarah ke Gunung Kombang yang berjarak tidak cukup lebih 300 m melewati sebuah jembatan dari pesanggrahan Ngliyep.

Akses jalan mengarah ke ke tempat ini lumayan bagus, dan sudah tidak sedikit papan tuntunan untuk mengarah ke lokasi. Lokasi pantai ini terletak di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, kabupaten Malang, Jawa Timur. Harga tiket masuk pantai Ngliyep Rp. 15.000/orang, dan dikenai ongkos parkir sebesar Rp.5.000. Fasilitas di pantai Ngliyep lumayan lengkap, mulai dari penginapan, kamar mandi, warung makan, dan lain-lain.