Inilah 10 Makanan Sehat Bergizi Untuk Kesehatan Otak

Makanan Sehat Bergizi Untuk Kesehatan Otak – Anda mulai pikun? Sulit mengingat apa yang baru anda lakukan? Hati-hati, itu adalah pertanda bahwa otak sudah mengalami penurunan kemampuan daya ingat. Otak menjadi pusat memori, memerintah tubuh saat bergerak, alat untuk mengingat segala hal yang anda lakukan dan semua itu terekam di dalam otak.

Penting sekali menjaga kesehatan otak sejak dini agar di masa tua tidak cepat pikun dan tidak terserang trulum penyakit berbahaya seperti kanker, Parkinson, Alzheimer, dll. Untuk meningkatkan kesehatan otak, cobalah nikmati makanan sehat bergizi untuk kesehatan otak yang paling banyak direkomendasikan oleh para pakar kesehatan.

1. Bayam –> Sayuran hijau ini disebut-sebut sebagai ratunya zat besi. Ditemukan kandungan zat besi tertinggi pada bayam yang diperlukan untuk kesehatan otak. Selain itu terdapat antioksidan yang aktif melawan penuaan otak dan saraf-saraf otak.

2. Ikan –> Tahukah anda mengapa anak-anak di Jepang memiliki kecerdasan di atas rata-rata dan mengapa penduduk lansia di Jepang masih memiliki daya ingat yang sangat tajam? Rahasianya adalah rutin mengkonsumsi ikan. Penduduk jepang mengutamakan ikan segar yang diolah tanpa dimasak, sehingga nutrisinya tetap terjaga. Ikan mengandung protein dan asam lemak omega 3 yang berperan dalam perbaikan sel-sel yang rusak.

3. Kacang-kacangan –> Berdasarkan hasil riset ditemukan kandungan karbohidrat kompleks, protein dan asam lemak omega 3 pada kacang-kacangan. Semua nutrisi tersebut dibutuhkan untuk perkembangan otak pada anak-anak.

4. Cokelat –> Banyak orang menghindari cokelat karena bisa membuat tubuh gemuk. Namun masih ada nutrisi pada cokelat yang dibutuhkan untuk otak kita yaitu flavonoid. Flavonoid adalah senyawa antioksidan yang berperan dalam pembentukan sel-sel baru pada otak serta membantu meningkatkan daya ingat.

5. Sarden –> Asam lemak omega-3 adalah kunci penting bagi kesehatan otak dan sistem saraf. Nutrisi tersebut ada pada ikan sarden.

6. Gandum Utuh –> Contoh gandum utuh adalah brown rice yang kaya akan vitamin B6 yang berperan penting untuk memicu produksi senyawa tertentu yang bertugas mencegah penurunan kognitif otak.

7. Daging Tanpa Lemak –> Daging sapi tanpa lemak menjadi salah satu makanan untuk menutrisi otak. Daging tanpa lemak mengandung zat besi yang sangat tinggi untuk meningkatkan konsentrasi otak. Selain itu terdapat rantai asam amino atau protein yang berperan meningkatkan daya ingat dan pembentukan jaringan otak.

8. Buah Pisang –> Kalium dan magnesium pada buah pisang bermanfaat untuk aktifitas transmisi saraf-saraf otak.

9. Minyak Zaitun –> Terdapat antioksidan bernama polyphenol yang ampuh menurunkan tekanan darah dan kolesterol sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

10. Alpukat –> Mengandung vitamin E yang aman untuk menutrisi otak. Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang melawan kerusakan dan penurunan kinerja saraf-saraf otak sehingga dapat mencegah penyakit amnesia, Alzheimer, Parkinson dan penyakit penurunan daya ingat lainnya.