Inilah Tipe Saham Menurut Kategorinya

Ada banyak sekali cara yang bisa di lakukan untuk menjamin masa tua atau masa yang akan datang terutama dalam segi ekonomi. Dan salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan berinvestasi di sebuah perusahaan atau layanan jasa yang memang menangani hal ini dan salah satunya adalah layanan investasi yang kami miliki.

Namun sebelum memutuskan untuk berinvestasi di mana Anda harus menentukan perusahaan yang akan Anda gunakan. Pastikan Anda berinvestasi pada perusahaan yang tepat dimana kinerjanya tidak lagi di ragukan. Sehingga Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus takut menderita kerugian karena kinerja perusahaan tempat Anda menanam saham tadi.

Tipe Saham Berdasarkan Cara Peralihannya

Tidak jarang orang membeli saham perusahaan dengan tujuan tidak hanya untuk dirinya sendiri namun juga akan di jual kembali. Biasanya orang yang membeli saham dengan niat seperti ini akan menunggu saham pada harga terendah lalu membelinya dan menanti harga saham tinggi lalu menjualnya kembali. Adapun tipe saham yang berdasarkan cara peralihannya adalah sebagai berikut ini.

1. Saham atas unjuk (bearer stocks)

Saham atas unjuk atau bearer stocks merupakan jenis saham yang tidak ada nama kepemilikan yang sah. Tujuan seorang investor membeli saham ini adalah agar lebih mudah dalam menjualnya kembali. Sebab jika saham yang ia beli sudah di atas namakan dengan namanya maka akan lebih susah atau lebih ribet prosesnya ketika saham tersebut di beli oleh pihak lain.

Pemilik saham atas unjuk tidak akan khawatir jika sahamnya di akui orang lain sebab peraturan yang berlaku pada jenis saham ini adalah siapa yang memegang dokumen kepemilikan saham maka ia lah yang berwenang terhadap saham tersebut. Saham bearer stocks juga di nilai lebih praktis dalam hal jual beli saham di waktu mendatang karena lebih membutuhkan dokumen pengurusan yang sedikit.

2. Saham atas nama (registered stocks)

Seperti namanya yaitu saham atas nama atau registered stocks. Dimana dokumen kepemilikan saham bertuliskan nama orang yang membeli saham tersebut. Sehingga ketika nanti saham atas nama akan di jual kembali ke orang lain maka harus mengikuti peraturan yang ada tentang bagaimana tata cara mengalihkan nama dari pemilik saham terdahulu ke pemilik saham yang sekarang.

Tipe Saham Berdasarkan Klaim Kepemilikan

Tipe saham masih ada satu lagi yaitu tipe saham berdasarkan dari klaim kepemilikan. Biasanya pemilik saham ini di sesuaikan dengan jenis saham yang ia miliki nantinya. Sehingga bukan pemegang dokumen saham yang berkuasa atas saham tersebut namun nama yang tercatat lah yang memiliki saham di perusahaan. Beberapa tipe saham berdasarkan klaim kepemilikan adalah sebagai berikut ini.

1. Saham biasa (common stocks)

Saham biasa atau common stocks merupakan jenis saham yang bisa mengklaim seluruh keuntungan perusahaan baik itu dari segi penghasilan maupun dari aktiva aktif perusahaan. Namun pemilik saham biasa hanya memiliki hak yang terbatas berbeda dengan pemilik saham yang lain. Kelebihan selanjutnya yang di miliki oleh saham ini adalah maksimal kerugian yang di tanggung pemilik saham jika perusahaan bangkrut adalah senilai investasinya di awal.

2. Saham preferen (preferred stocks)

Saham preferen hampir sama dengan saham biasa namun bedanya pemilik saham preferen memiliki hak yang lebih besar atas perusahaan di bandingkan dengan pemilik saham biasa. Kelebihan lain dari saham preferen adalah hasil keuntungan bagi pemilik saham sangatlah stabil.