Penjelasan Singkat Tentang Inkubator Bayi Prematur

inkubator bayi

Apa yang dilakukan dokter dan tenaga medis ketika mendapati bayi terlahir prematur ? Tentu saja akan melakukan perawatan secara intensif dan ketat. Dan proses perawatannya pun tidak dilakukan seperti bayi lain pada umumnya.

Proses perawatan bayi prematur biasanya dilakukan di dalam inkubator bayi. Yaitu alat kesehatan yang secara khusus digunakan untuk merawat bayi prematur.

Pengertian Inkubator Bayi

inkubator bayi

Saya yakin anda juga pernah melihat alat ini dirumah sakit atau klink bersalin. Memang alat ini secara khusus digunakan untuk pasien bayi yang baru lahir. Umumnya digunakan untuk bayi yang terlahir secara prematur.

Kalau kita definisikan, inkubator bayi adalah instrument atau alat medis yang digunakan untuk meletakkan bayi prematur pada saat dilakukan perawatan atau treatment medis agar dapat berkembang sebagaimana bayi normal lainnya.

Fungsi Inkubator Bayi

Alat diciptakan atau dibuat pasti tidak tanpa tujuan. Ada tujuan mengapa dibuat alat seperti ini. Dan berikut ini beberapa fungsi dari inkubator bayi

  • Melindungi bayi -Inkubator bayi tentu berfungsi untuk melindungi bayi dari segala macam bahaya yang mungkin terjadi seperti penyebaran infeksi, alergi pada kulit, kondisi udara dingin dan banyak lagi yang lainnya.
  • Memberikan supply oksigen – Inkubator bayi dilengkapi dengan berbaagai macam perangkat lainnya seperti heater (pemanas), kontrol suhu, sensor kelembaban dan juga alat oksigenasi.
  • Monitoring – Bayi dirawat di dalam inkubator bayi tentu saja selalu dalam patauan atau monitoring yang sangan intensif. Ada beberapa parameter monitoring yang terdapat di dalam alat tersebut.

Harga Inkubator Bayi

Mungkin anda juga bertanya – tanya di dalam hati, kira – kira berapa sih alat inkubator bayi yang ada di rumah sakit. Atau juga berapa biaya perawatan bayi dalam inkubator. Kalau untuk biaya perawatan bayi di inkubator mungkin relatif, tergantung dari rumah sakit dimana bayi anda dirawat.

Namun untuk unit inkubator itu sendiri kita dapatkan informasi dari toko alat medis yang jual inkubator bayi untuk bayi prematur. Kisaran harganya mulai dari 20 jutaan hingga ratusan juta, tergantung dari merk dan fitur – fiturnya.