Jenis Bahan yang Sering digunakan Konveksi

Hingga saat ini sangat banyak jenis bahan kain yang digunakan oleh konveksi, setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Teruama dalam membuat kaos, bahan sangat berpengaruh terhadap pembuatannya. Hal ini dikarenakan bahan sangat berpengaruh terhadap kegunaan kaos yang dihasilkan. Secara garis besar terdapat dua bahan utama kaos, yakni bahan sintetik dan bahan alami.

Bahan alami merupakan jenis bahan organic yang kandungan bahan utamanya berasal dari alam dan cenderung tidak berbahaya bagi kesehatan. Bahan ini biasanya diperoleh dari serat kapas dan diolah menjadi kain seperti katun misalnya.

Sedangkan bahan sintesis merupakan jenis bahan pembuat kaos yang merupakan campuran dari bahan organic dengan campuran bahan kimia tertentu sehingga dihasilkan bahan pembuatan kaos dengan harga yang lebih murah dan praktis.

Jenis – Jenis bahan kaos yang sering digunakan pada konveksi

  1. Katun Combed

Image result for kain katun

Jenis bahan ini terbuat dari serat kapas 100% murni. Jenis bahan ini merupakan bahan faforit karena memiliki karakteristik yang sangat halus, lembut, dingin, dan nyaman untuk digunakan di Indonesia yang beriklim tropis.

Pembuatan kain dari bahan katun combed memerlukan pengerjaan yang teliti serta proses yang lama, tidak heran bahan ini memiliki harga yang lebih mahal di pasaran. Namun harga tentunya menentukan kualitas dari barang yang akan didapat. Katun Combed biasanya ditawarkan dengan beberapa pilihan berdasarkan tangkat kehalusannya mulai dari 20s, 24s, dan 30s.

  1. Katun Carded

Image result for kain katun

Jenis bahan ini memiliki kemiripan dengan katun combed, yakni dibuat dari serat kapas 100% murni. Namun bahan ini tidak melalui proses combing sehingga dihasilkan kain yang tidak lebih halus dari katun combed.

Katun ini juga sering disebut dengan imitasi dari katun combed, namun tingkat kenyamanannya tidak berbeda jauh dari katun combed. Harga yang ditawarkan lebih murah sehingga menjadi alternatif apabila budget yang anda miliki terbatas.

  1. Katun Pique

Related image

Kain katun jenis ini memiliki pori – pori yang cukup tebal. Perbedaan jenis kain ini dengan yang sebelumnya adalah kain ini diperoleh dari perajutan benang pique yang sangat terasa apabila diraba. Bahan ini juga sangat cocok digunakan pada negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Jenis bahan kaos lainnya

  1. Katun Bambu
  2. Katun Viscose
  3. Katun Tetteron

Penggunaan katun combed lainnya:

  • Taplak Meja
  • Handuk
  • Sprei
  • Keset

Info selengkapnya silahkan kunjungi website https://jasakonveksi.id