Jenis-Jenis Rayap

Hasil gambar untuk rayap

Jenis-Jenis Rayap

Pada umumnya penggolongan rayap berdasarkan pada wilayah area tinggal atau wilayah sarang utama dibuat. Jenis-jenisnya berdasarkan wilayah sarang meliputi:

Rayap Kayu Lembab

Rayap kayu lembab merupakan spesies rayap yang bersarang di kayu-kayu mati dan lembab dan juga tidak terjalin dengan tanah. Spesies tipe ini juga umumnya menyerang kayu-kayu kusen di dinding kamar mandi atau tiang-tiang tempat tinggal yang lembab.

Salah satu misal rayap kayu lembab ini adalah jenis-jenis dari genus Glyptotermes.

Rayap Kayu Kering

Rayap kayu kering merupakan rayap yang bersarang di kayu-kayu kering dan tidak lembab dan juga tidak terjalin dengan tanah. Spesies tipe ini umumnya bersarang di meja, kursi, pintu dan lemari. Adanya rayap ini umumnya ditandai dengan butir-butir ekskremen kecil berwarna kecoklatan.

Rayap kayu kering tidak amat perlu air dikarenakan mereka mampu menghasilkan air sendiri kerena mencerna selulosa.

Rayap Subteran

Rayap subteran merupakan rayap yang bersarang di di dalam tanah dengan banyak bahan kayu yang sudah membusuk. Selain itu, spesies tipe ini juga membangun sarangnya di tunggak-tunggak pohon yang sudah mati maupun tetap hidup.

Salah satu misal tipe rayap subteran adalah spesies rayap dari famili Rhinotermidae terutama dari genus Coptotermes.

Rayap subteran nyaris mirip dengan rayap tanah. Perbedaannya adalah kebolehan rayap subteran untuk bersarang di di dalam kayu yang diserangnya, meskipun tidak tersedia interaksi dengan tanah asal.

Rayap Tanah

Rayap tanah merupkan tipe rayap yang membangun sarangnya di di dalam tanah yang banyak memiliki kandungan bahan organik, seperti serasah dan humus. Salah satu misal tipe rayap ini yang mampu ditemui di Indonesia adalah rayap yang berasal dari famili Termitidae.

Hubungan sosial rayap tanah condong tinggi dikarenakan tipe ini umumnya berkoloni di dalam kuantitas yang besar.

Rayap Pohon

Rayap pohon merupakan rayap yang tinggal di pohon-pohon hidup dan tek terjalin dengan tanah. Contoh rayap pohon adalah rayap yang menyerang pohon jati, Neotermes tectonae.

Kerugian Akibat Rayap

Selain punya peran positif sebagai dekomposer, serangga pemakan selulosa ini juga punya peran negatif yaitu sebagai hama pengganggu. Hal ini disebabkan dikarenakan hutan sebagai habitat aslinya sudah terganggu.

Pada umumnya serangga hama ini menyerang tanaman dan bagian-bagian gedung atau bangunan yang terbuat dari kayu supaya masa/umur pakainya jadi pendek. Jika perihal ini dibiarkan begitu saja maka akan menyebabkan kerugian ekonomi.

Gunakan jasa pembasmian rayap dan serangga hama lainnya, contohnya Petro.co.id dan perusahaan lainnya yang sejenis. Dengan cara ini, kita lebih dapat menghemat waktu dan tetap aman dari serangan rayap.