Macam Alat Bantu Pernafasan

Salah satu kebutuhan ketersediaan alat kesehatan di rumah sakit atau klinik yaitu alat bantu pernapasan. Ada banyak sekali macam dan model alat bantu pernapasan yang disesuaikan dengan fungsinya. Alat bantu pernapasan berfungsi untuk menopang atau membantu pasien yang mengalami gangguan pernapasan baik karena faktor penyakit atau kondisi kecelakaan. Berikut ini beberapa mcam alat bantu pernapasan dan sedikit penjelasan singkatnya :

Alat Oksigenasi

Termasuk alat bantu pernapasan yang cukup penting dan urgen karena biasanya orang yang kekurangan oksigen akan merasakan sesak dan mengalami penurunan kondisi fisik yang cukup drastis, alat oksigenasi terdiri dari beberapa macam alat diantaranya tabung oksigen, masker oksigen, selang oksigen dan juga regulator oksigen untuk mengatur laju aliran oksigen dari tabung ke hidung atau mulut pasien.

Ventilator

Di rumah anda terdapat ventilasi ? Ventilasi rumah berfungsi untuk pertukaran udara dari luar ke dalam dan sebaliknya. Tidak jauh berbeda dengan ventiltor alat kesehatan. Ventilator medis berfungsi untuk menggantikan sebagian atau seluruh fungsi paru – paru manusia. Ventilator biasanya digunakan ketika pasien sedang dalam kondisi yang kritis akibat berbagai macam faktor. Alat ini cukup mahal, anda bisa cek di toko online yang jual ventilator icu dengan berbagai macam model dan merk.

CPAP

Continuous Positive Air Pressure (CPAP) merupakan satu alat bantu pernapasan khusus yang digunakan untuk penderita sleep apnea. Apa itu sleep apnea ? Yaitu sebuah gangguan pernapasan yang terjadi saat dalam keadaan tertidur. Pada penderita sleep apnea, ketika tertidur otot dinding tenggorokan mengendur terlalu berlebihan sehingga menutup saluran pernapasan, secara otomatis pernapasan akan terganggu. CPAP bekerja dengan memberikan tekanan udara positive ke melalui mulut untuk menjaga dan mempertahankan saluran napas tetap terbuka.

Nebulizer

Kalau dibilang alat bantu pernapasan secara langsung mungkin tidak tepat. Namun alat ini juga termasuk alat yang digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan. Fungsi utama alat ini adalah mengubah obat cair atau padat menjadi uap yang akan dihirup langsung meuju ke paru – paru pasien sehingga bisa melegakan pernapasan lebih cepat.