Mengenal Beberapa Macam Alat Laboratorium

macam alat laboratorium

Salah satu ruang pembelajaran sains yang ada di berbagai macam sekolah baik itu sekolah dasar, menengah, hingga ke perguruan tinggi yaitu laboratorium. Memang, istilah laboratorium sekarang ini tidak hanya berkutat pada sains yang berupa Biologi, Kimia, Fisika dan sejenisnya. Namun sekarang Bahasa juga memiliki laboratorium.

macam alat laboratorium

Terlepas dari keumuman istilah laboratorium, kali ini kita akan sedikit berbagi informasi mengenai beberapa macam alat – alat yang umum kita jumpai di sebuah laboratorium sains di berbagai tempat.
Macam Alat Laboratorium Sains Dan Fungsinya

Berikut ini beberapa macam alat – alat yang terdapat dalam laboratorium sains kebanyakan dan hampir beberapa diantaranya sama. Ini dia penjelasannya.

1. Mikroskop

Kita bisa menjumpai alat ini di laboratorium Biologi, Kimia dan juga Fisika. Bahkan tidak hanya itu, di lab rumah sakit dan klinik anda juga bisa temui alat tersebut. Sebagaimana kita ketahui, mikroskop merupakan alat laboratorium yang berfungsi untuk melihat benda – benda kecil yang tidak kasat mata. Bagian Mikroskop yang cukup paling penting adalah lensa okuler dan lensa objektif disamping yang lainnya.

2. Paket Gelas Laboratorium

Di sini saya sebutkan satu paket, karena pada dasarnya sama berupa gelas namun, penamaanya berbeda karena bentuk dan fungsinya berbeda. Berikut nama – nama gelas yang bisas kita jumpai di laboratorium :

  • Gelas Ukur
  • Gelas / Tabung reaksi
  • Beker Glass
  • Tabung Erlemeyer
  • Buret
  • Dan lain sebagainya.

3. Alat Homogenasi

Homogenasi yang dimaksudkan di sini adalah pencampur, atau alat yang digunakan untuk mencampur beberapa larutan menjadi satu. Alat ini memang tidak berada di semua macam laboratorium. Alat ini lebih spesifik pada ilmu biologi, kimia dan juga analis kesehatan. Alat homogenasi biasanya disebut deengan istilah shaker atau pengaduk.

Diluar tiga macam alat laboratorium yang sudah kami sebutkan, masih terdapat banyak lagi yang lainnya seperti termometer, centrifuge, alat pembakar spirtus, statif, alat pengukur tekanan, autoclave (alat sterilisasi) dan lain sebagainya. Itulah beberapa macam alat – alat yang bisa kita temukan di dalam laboratorium secara umum maupun secara khusus dalam labortorium tertentu.