Mengenal Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli Yang Baik dan Benar

Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli

Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli – Permainan Bola Voli ialah permainan yang dibuat oleh William G. Morgan pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang sekarang diketahui menjadi Volley Ball atau Bola Voli. Permainan Voli sendiri bisa dimainkan di lapangan indoor ataupun outdoor dengan ukuran 18×9 mtr. dengan net untuk putra 2,43 mtr. serta putri 2,24 mtr.

Permainan ini ialah permainan yang termasuk cukuplah susah untuk dimainkan orang pemula, sebab untuk pelajari permainan ini umumnya kita mesti meredam sakit untuk lakukan pukulan serta kita harus juga pelajari beberapa tehnik dari permainan yang tidak dapat dikerjakan dalam sekejap. Sebelum kalian pelajari tehnik yang lainnya, menjadi seseorang profesional kita mesti pelajari tehnik basic bola voli. Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli sangat penting dikuasai ya, berikut adalah penjelasannya.

Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli

Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli

Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli terdiri jadi 4 yakni Block,Service,Smash atau Spike serta Passing, di mana semua tehnik ini mesti dikuasai oleh semua pemain bola voli. Yang nanti akan ada yang lebih ditonjolkan sesuai dengan tempat pemain, seumpama menjadi toser kalian mesti mahir dalam memberikan umpan atau passing pada pemain yang akan lakukan smash. Berikut keterangan dari semasing pergerakan.

1. Servis

Servis ialah tidakan awal yang dikerjakan oleh salah satunya pemain untuk mengawali satu permainan dalam bola voli. Meskipun pada intinya aksi ini sekedar hanya untuk mengawali satu permainan, namun hal tersebut juga bisa untuk lakukan serangan awal yang cepat serta mematikan.

Tidak dikit kita jumpai jika kadang seseorang pemain lakukan servis dengan begitu kuat, hingga bola meluncur dengan cepat mengarah team lawan serta tidak dapat dibendung yang menyebabkan menambahnya jumlahnya point pada team.

2. Passing Bawah

Pemahaman passing bawah menurut Aip Syarifuddin, Muhadi (1991: 189) ialah ambil bola yang ada dibawah tubuh atau dari arah bawah serta umumnya dikerjakan dengan memakai ke-2 lengan sisi bawah. Baik untuk dipoperkan pada kawan ataupun langsung mengarah lawan.

Tehnik passing bawah bisa dipakai menjadi benteng pertahanan untuk meredam smash dari pihak lawan serta juga bisa untuk pemungutan bola sesudah terjadinya block atau bola pantulan net.

3. Passing Atas

Pemahaman passing atas menurut pakar Aip Syarifuddin, Muhadi (1991:190) ialah menyediakan bola atau mengoper bola dengan memakai jari” tangan, baik pada rekan satu team ataupun langsung diperlihatkan ke lapangan lawan lewat atas jaring.

Lalu mengenai tehnik passing atas yang tercatat dalam USA Volleyball ditranslate oleh Novi Lestari (2008: 175) jika pukulan passing yang dikerjakan pemain dengan menyentuh bola memakai ke-2 tangan diatas kepala.

Tehnik passing atas begitu efisien untuk ambil bola yang ada diatas. Biasanya passing atas lebih enak digunakan untuk mengumpan ke rekan sama-sama team, peluang semacam itu bisa dipakai menjadi bahan penyerangan mengarah lawan.

4. Smash

Pemahaman smash menurut pakar Nuril Ahmadi (2007: 32) ialah satu pukulan di mana tangan lakukan kontak dengan bola dengan penuh di bagian atas hingga jalannya bola curam dengan kecepatan yang tinggi.

Smash atau pukulan keras adalah bentuk satu serangan yang sangat banyak dipakai dalam usaha untuk memperoleh point pada suatu team. Seseorang smasher seharusnya kuasai tehnik ini dengan baik, sebab tehnik ini berikut yang begitu efisien untuk mematikan bola di lapangan lawan.

Smash ini mesti dikerjakan secara cepat, pas, serta kencang. Supaya bola yang ditempatkan ke lawan sulit untuk di terima. Dalam lakukan smash ada banyak type dan variasinya, hal itu dapat berlangsung sebab tiap-tiap pemain mempunyai potensi yang berlainan serta membuahkan pola” skema sendiri. Macam Macam Teknik Dasar Bola Voli memang sulit sulit gampang dikuasai, maka dari itu perlu sekali keuletan.

Sampai disini dulu pembahasan mengenai macam macam teknik dasar bola voli. Jika sudah menguasai teknik, alangkah baiknya kuasai juga arena permainan, seperti contohnya ukuran lapangan bola voli supaya teknik yang akan kita pakai sesuai dengan arena gerak dalam permainan.