Menjelajahi Pantai Sanglen, Pantai Tersembunyi di Jogja

Pantai Sanglen merupakan salah satu pantai yang memiliki pemandangan indah dengan pasir berwarna putih. Meskipun tergolong sebagai Pantai yang baru, keindahan yang ditawarkan tidak kalah dengan pantai yang lebih dulu terkenal.

Tidak hanya dapat menikmati pemandangan laut biru luas, kamu juga dapat berfoto di bawah teduhnya pohon cemara laut yang terdapat sebelum memasuki bibir pantai. Bergaya eksis di hamparan pasir putih luas juga dapat menjadi spot foto menarik untuk menambah koleksi foto social media kamu.

Terdapat bonus bagi kamu yang berkunjung ke Pantai Sanglen, karena terdapat tebing dengan ketinggian sedang yang dapat kamu naiki melalui jalan setapak. Setelah berhasil melewatinya, kamu dapat menikmati pemandangan laut dari atas tebing ini.

Berlokasikan di Gunung Kidul, Pantai sanglen memerlukan waktu tempuh sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Mungkin terasa jauh. Namun, semua akan terbayarkan saat telah sampai di lokasi.

Meskipun termasuk pantai yang belum begitu ramai, akses jalan untuk menuju ke Pantai Sanglen dapat dikatakan sudah sangat bagus. Hingga memasuki wilayah Pantai, jalanan yang akan dilalui telah diaspal dengan mulus. Jalanan berbatuan hanya akan kamu temukan di batas desa terakhir, sebelum akhirnya bertemu dengan area parkir pantai.

Area parkir yang terdapat sebelum bibir pantai hanya diperuntukkan kendaraan roda dua saja. Karena memang jalan sebelum mencapai pantai hanya dapat dilalui oleh kendaraan bermotor. Jika kamu datang menggunakan mobil, kamu dapat memarkirkannya di akhir jalanan beraspal. Namun, kamu harus berjalan sekitar 15 – 20 menit.

Rute untuk menuju Pantai Sanglen, yaitu pertama dari arah Jogjaku atau Malioboro, kamu dapat menuju ke arah ring road selatan menuju ke simpang Jl. Jogja Wonosari. Setelah itu ikuti jalan menuju ke  arah Piyungan dan Patuk melewati kawasan Bukti Bintang.

Lurus terus mengikuti jalan besar menuju ke Sambipitu dan dilanjutkan ke arah Gading. Sesampainya di Gading, lanjutkan perjalanan menuju Lapangan Pemda dan langsung ke arah Jalan Baron. Ikuti petunjuk jalan menuju ke Pantai Indrayanti dan searah dengan Pantai Watukodok. Pantai Sanglen tepat berada di sebelahnya.