Macam Metode Sterilisasi Alat – Alat Medis

metode sterilisasi alat kesehatan

Sterilisasi alat kesehatan sudah pasti dilakukan dirumah sakit, diklinik dan pusat pelayanan sehat lainnya. Hal tersebut sangat diperlukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan semua pihak baik dari dalam maupun dari luar, dan mengindari terjadinya infeksi berbahaya yang tidak diinginkan. Karena rumah sakit menjadi salah satu tempat yang paling banyak terdapat mikroba atau mikroorganisme yang mungkin berhamburan dimana saja.

Prosedur sterilisasi alat kesehatan harus dilakukan pada semua alat medis apa saja yang telah dipakai kembali setelah tindakan. Sterilisasi alat kesehatan yaitu proses menghilangkan mikroorganisme potagen yang menempel pada suatu benda dengan cara tertentu. Dan untuk mensterilkan alat-alat kesehatan ada beberapa metode yang biasa dilakukan, berikut cara mensterilisasikan yang biasa dilakukan :

  1. Metode sterilisasi direbus

Metode dengan cara direbus merupakan metode yang paling sederhana dan tidak memerlukan alat khusus untuk mensterilkan alat-alat kesehatan. Untuk mensterilkannya anda dapat melakukannya dengan cara direbus atau dimasak dalam air mendidih yang memiliki suhu tertentu. Cukup gunakan panci atau alat apa saja yang dapat digunakan untuk merebus alat-alat kesehatan.

  1. Metode sterilisasi panas kering

Untuk menggunakan metode sterilisasi panas kering ini anda dapat menggunakan alat yang mirip dengan oven. Alat ini juga biasa disebut dengan dry heat sterilizer atau sterilisator kering.

Cara kerja alat ini yaitu dengan cara mengeluarkan panas yang ada di dalam ruangan dari radiasi infra merah yang memiliki suhu tinggi. Bakteri dan kuman yang menempel pada alat kesehatan secara otomatis akan terbakar karena adanya oksidasi suhu ruangan yang sangat tinggi di dalam ruangan.

  1. Metode sterilisasi panas uap bertekanan

Mensterilkan alat-alat kesehatan secara efektif juga dapat anda lakukan dengan cara sterilisasi panas uap tekanan. Cara kerja sterilisasi panas uap bertekanan ini yaitu dengan cara mengkukus alat-alat kesehatan dengan tekanan uap yang tinggi. Metode ini juga biasa dilakukan dengan alat yang namanya Autoclave.

  1. Metode radiasi

Metode mensterilkan alat-alat kesehatan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan radiasi. Radiasi yang biasa digunakan disini yaitu ultraviolet dan sinar-x. Radiasi yang dihasilkan oleh sinar ultraviolet maupun sinar-x ini akan membunuh mikroorganisme yang ada pada alat-alat kesehatan.

  1. Metode pembakaran langsung

Metode yang dapat anda lakukan dengan cara membakar benda yang akan disterilkan secara langsung.