Mitos Dan Keindahan Sumber Jenon Malang

sumber jenon malang

Sumber Jenon Malang berbentuk seperti kolam dengan bagian dasar tertutupi batako. Kedalaman sumber mata air ini mencapai empat meter. Oleh karena itu, tempat ini tidak cocok bagi mereka yang tidak pandai berenang. Namun, terdapat fasilitas seperti ban untuk dapat menikmati kesegaran air Sumber Jenon.

Dibalik keindahan warna mata air ini terdapat beberapa mitos yang beredar di masyarakat. Mitos-mitos tersebut membuat banyak orang penasaran dan datang untuk menyaksikan keindahan mata air ini. Berikut adalah mitos dan keindahan Sumber Jenon:

  1. Khasiat Air Sumber Jenon

Warna air biru muda atau hijau kebiru-biruan ini membawa penasaran kepada semua pihak. Pasalnya, sumber air tawar ini berbeda dengan sumber mata air lainnya. Para warga sekitar percaya bahwa sumber mata air ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

  1. Fosil Kayu Jenu

sumber jenon malang

Selain airnya yang jernih, di mata air ini dapat pula ditemukan fosil kayu jenu yang tumbang membatu. Anda juga dapat menikmati paket wisata batu bersama kami. Nah di Sumber ini ada batang kayu. Batang kayu ini posisinya membujur dari posisi arah barat ke arah timur. Fosil ini seakan-akan memberi kesan seperti terumbu karang. Inilah yang membuat sumber mata air ini nampak indah.

  1. Ikan Sengkariang

Konon katanya ikan ini diyakini oleh warga sekitar tak pernah berubah jumlahnya meskipun telah berkali-kali dipancing. Sungguh mengagumkan bukan. Jika dihitung jumlah ikan ini yaitu 37 ekor. Ikan ini pun diyakini berusia ratusan tahun.

  1. Awal Mula Kemunculan Sumber Jenong

Kemunculan sumber mata air ini dari kisah pasangan Rantung Grati dan Irogat. Pasangan kekasih ini hidup pada masa Kerajaan Mataram. Setelah terjadi peperangan suami-istri ini mengungsi ke daerah Sumber Jenong. Namun pada saat musim kemarau melanda, tanaman pada mati yang berakibat pada menipisnya simpanan pangan.

Suatu hari Rantung Grati berpamitan pada Irogat untuk mencari pengairan yang cukup untuk tanamannya. Kemudian, Rantung Grati memilih bertapa di atas Gunung Harimau tepat dibawah pohon Jenu. Akhirnya, muncul angin kencang yang menumbangkan pohon Jenu dan disinilah sumber air keluar deras.

Demikian sekilas mengenai mitos keindahan Sumber Jenon Malang. Keindahan serta kemisteriusan kemunculan sumber mata air ini membuat kehidupan orang sekitarnya sejahtera. Pilih paket wisata malang 3 hari 2 malam apabila ingin menikmati berbagai sumber air di kota malang ini.