Momen Wow Si Kecil Terjadi Sejak di Kandungan

MASA JANIN

Berawal dari jutaan sel sperma yang meluncur menuju sel telur, pada akhirnya hanya satu saja yang dapat menembus dan membuahinya. Lalu, delapan minggu sesudah itu terjadilah periode embrional yang merupakan masa pembentukan seluruh organ penting janin. Antara lain sistem pembuluh darah, sistem saraf, jantung, mata, tangan dan kaki. Gangguan sedikit saja pada masa embrional ini, maka akan buruk dampaknya bagi janin seumur hidup. Karenanya, para ahli menganjurkan kita untuk mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari, minimal tiga bulan sebelum “gerbang” menuju sel telur dibuka.

Nah, seperti apakah bentuk persiapan itu? Salah satunya dengan memerhatikan asupan nutrisi Ibu. Seperti yang kita tahu, asam folat berperan penting dalam perkembangan embrio, yaitu membantu mencegah terjadinya Neural Tube Defects (NTD) atau kecacatan pada sistem saraf dan tulang belakang janin. Oleh sebab itu asam folat penting dan harus dipenuhi Ibu sebelum dan selama kehamilan berlangsung. Dengan berakhirnya minggu ke-8, dimulailah periode janin yang berlangsung hingga tiba hari kelahiran.

Semua organ vital sudah terbentuk sempurna di minggu ke-9 dengan panjang janin dari puncak kepala sampai bokong sekitar 44—60 mm dan beratnya kira-kira 8 g. Di minggu ke-11, wajahnya makin menyerupai manusia. Di minggu ke-12, janin mulai belajar bernapas, pertanda paru-parunya mulai difungsikan. Jenis kelamin janin mulai dapat diidentifkasi pada minggu ke-16 melalui pemeriksaan USG. Seiring perkembangan organorgan tubuhnya, kemampuan janin pun semakin bertambah. Mulai minggu ke-16, janin dapat menggerakkan kepala dan bagian tubuhnya. Ia akan mengangkat kakinya, menekuk lututnya, dan meletakkan telapak kakinya di permukaan rahim. Terkadang tangan si kecil suka menggenggam di depan wajah atau mulutnya.

Di lain waktu, ia menggerakkan tangan ke depan dan ke belakang atau menendangnendangkan kakinya ke atas dan ke bawah. Gerakannya semakin aktif dan lincah; ia bisa menekuk, menegangkan, dan memutar jari-jemarinya. Begitu juga dengan kaki, tangan, pergelangan tangan, lutut dan jari kaki telah bisa bergerak. Masuk trimester ketiga, janin dapat merespons dengan cara menendang ketika mendengar suara dari luar rahim.

Pada minggu ke-36 atau bulan ke-9, janin sudah mencapai tahap akhir perkembangannya di dalam rahim dengan panjang mencapai 40—48 cm dan berat sekitar 3—3,25 kg. Umumnya, janin sudah memutar kepalanya ke bawah sehingga di minggu ke-37, kepala janin sudah masuk ke jalan lahir dengan posisi siap lahir. Pada minggu ke-37 ini, seluruh fungsi organ-organ tubuhnya sudah matang untuk bekerja sendiri, pertanda janin sudah siap lahir ke dunia. Namun, pada umumnya bayi akan lahir di usia kehamilan 38 minggu dengan berat sekitar 3,4 kg dan panjang mencapai 48 cm.

Waktu akan terasa cepat sekali apabila si kecil sudah besar nanti. Pada waktu akan memasuki perguruan tinggi sebaiknya siapkan anak untuk menghadapi tes ujian masuk. Lembaga pelatihan tes masuk universitas luar negeri online bisa menjadi pilihan yang tepat bagi orangtua. Agar anak siap dan lolos ujian masuk universitas yang diinginkan.