Perbedaan Tumor, Miom dan Kista

Perbedaan Tumor, Miom dan Kista

Tumor, miom serta kista adalah tiga perihal yang membuat Anda takut sesudah mendengarnya. Adalah satu mimpi jelek buat Anda yang didiagnosis memiliki satu diantara tiga perihal itu. Tetapi, tahukah Anda apakah itu tumor, miom serta kista? Biasanya, orang salah dengan memandang tumor, miom serta kista ialah hal sama. Walau sebenarnya, ada yang berlainan dari ketiganya. Apakah yang beda serta sama dari tumor, miom serta kista?

Perbedaan Tumor, Miom dan Kista

Tumor

Kata “tumor” biasanya merujuk pada suatu massa yang tumbuh pada tubuh. Tumor ialah massa jaringan yang tidak normal yang berisi padatan (daging) atau cairan. Jaringan yang tidak normal ini bisa berkembang dibagian manakah saja pada tubuh, seperti tulang, organ, serta jaringan lunak. Tumor pada tubuh dapat mempunyai karakter jinak (biasanya tidak beresiko serta bukan kanker) atau ganas (kanker).

Tumor jinak umumnya cuma ada di satu tempat serta tidak menebar ke anggota badan lainnya. Bila diobati, sejumlah besar tumor jinak umumnya akan menanggapi dengan baik. Akan tetapi, bila tidak diobati, beberapa tumor jinak dapat tumbuh semakin besar hingga mengakibatkan permasalahan serius sebab ukurannya.

Sedang, tumor ganas bisa menebar ke anggota badan lainnya serta umumnya tahan pada penyembuhan. Tumor ganas adalah kata lainnya dari kanker. Hingga, bisa mengakibatkan permasalahan yang begitu serius pada Anda.

Miom

Miom atau mioma atau fibroid adalah tumor jinak yang tumbuh di otot atau jaringan ikat dibagian manakah saja pada rahim wanita. Pemicu miom di rahim ini tidak didapati dengan jelas. Akan tetapi, faktor-faktor yang merubah pembentukannya ialah hormon (estrogen serta progesteron) serta kehamilan pada wanita.

Kadang, wanita tidak sadar di rahimnya mulai berkembang miom sebab tidak memunculkan tanda-tanda apa pun. Akan tetapi, makin lama miom di rahim ini bisa mengakibatkan perdarahan vagina, sakit perut, ngilu panggul, seringkali buang air kecil, serta ketidaknyamanan atau sakit waktu berhubungan seksual.

Bila miom telah memunculkan tanda-tanda, mungkin dibutuhkan operasi pengangkatan. Miom biasanya jarang menjadi kanker. Miom atau fibroid yang menjadi kanker lalu dimaksud fibrosarkoma.

Baca juga : Obat miom alami

Kista

Kista adalah satu kantung yang berisi cairan, hawa, atau bahan yang lain yang abnormal serta melekat pada organ paling dekat. Kista adalah tumor jinak (bukan kanker), hingga kista tidak beresiko. Biasanya, kista tidak memunculkan tanda-tanda apa pun. Mengakibatkan, kista dilewatkan berkembang, jadi semakin besar, serta bisa jadi kronis.

Kista bisa berkembang dibagian manakah saja di badan Anda, seperti hati, ginjal, serta payudara. Akan tetapi, seringkali berkembang di daerah rahim, sama dengan miom. Hingga, beberapa wanita seringkali susah memperbedakan pada miom serta kista di rahim atau ovarium. Walau sebenarnya, miom serta kista di rahim jelas berlainan. Ketidaksamaan miom serta kista ialah pada dalamnya. Kista tercipta dari cairan yang menumpuk, sedang miom tercipta dari beberapa sel yang selalu tumbuh hingga jadi daging tumbuh.

Kista ovarium yang besar serta telah kronis bisa memunculkan tanda-tanda, seperti ngilu panggul, menstruasi tidak teratur, terasa kembung, serta seringkali buang air kecil. Pemicu dari kista belum juga jelas. Akan tetapi, aspek keturunan, penyumbatan pada aliran yang merubah saluran keluar cairan, atau keadaan medis seperti sindrom ovarium polikistik mungkin bisa bertindak dalam perubahan kista ovarium. (https://fadhilherbal.com/)