Pokok Pembahasan Surat Al Haqqah

Pokok Pembahasan Surat Al Haqqah

Pokok Pembahasan Surat Al Haqqah – Isi kandungan surah Al Haqqah dari ayat 1 sampai dengan ayat 52 akan kami rangkum dalam satu tema pembahasan dan akan dilengkapi dengan statistik surat Al Haqqah.

Surat Al Haqqah merupakan salah satu bagian dari surat surat yang ada di juz 29, surat ini termasuk kedalam surat surat pendek yang mudah untuk dihafalkan bagi teman teman yang masih baru belajar untuk menghafal Al Quran.

Surat Al Haqqah terdiri dari 52 ayat yang mana ayat ayat didalamnya termasuk dalam ayat ayat pendek. Bagi teman teman yang ingin mendengarkan mp3 surat Al Haqqah silahkan download audionya terlebih dahulu yang banyak di bagikan di internet secara gratis. Dan perlu sedikit teman teman ketahui bahwasannya dengan kita mendengarkan murottal surat Al Haqqah akan memudahkan kita dalam proses mengahafal Al Quran, karena otak dan pendengaran kita sudah terbiasa dan secara reflek maka otak kita akan terangsang untuk mengingat audio yang kerap kita dengarkan. Nah, yuk langsung saja kita menuju tema utama kita yakni pokok pembahasan surat Al Haqqah lengkap dengan statistik suratnya.

Kandungan Pokok Pembahasan Surat Al Haqqah

Untuk yang pertama kita pelajari terlebih dahulu statistik suratnya yuk, berikut ulasannya.

  • Statistik Surat Al Haqqah

Al Haqqah sendiri berarti “Hari Kiamat” surat ini masuk kedalam jajaran atau golongan sirat Makkiyah atau surat yang turun di Mekkah. Dalam urutannya, surat ini menempati urutan surat yang ke 69 dan masuk dalam jajaran surat di juz 29 tepatnya surat yang ke tiga di juz tersebut. Surat Al Haqqah memiliki jumlah ayat yang cukup banyak namun semuanya tergolong kedalam ayat ayat pendek, surat ini memiliki 52 ayat yang terbagi kedalam dua ruku’. Penamaan surat ini diambil dari kata yang ada pada ayat pertama atau pembukaan surat ini yakni “Al Haaqqah”.

Dan berikut ini ulasan rangkuman pokok pembahasan surat Al Haqqah yang bisa kita pelajari bersama.

  • Dalam surat ini terdapat pelajaran dari kisah kisah kaum terdahulu yang mana mereka di timpahkan azab lantaran membangkan dan ingkar terhadap nabi dan rasul yang telah Allah utus kepada mereka, kaum kaum terdahulu yang mendapatkan azab dan tertera dalam surat ini adalah kaum Tsamud, Kaum ‘Aad, Raja Firaun dan bala tentaranya serta kaum Nabi Nuh ‘Alaihi Sallam.
  • Seperti arti nama dari surat ini yakni hari kiamat, isi dari sebagian besar ayat ayatnya menjelaskan tentang kejadian yang akan terjadi pada hari kiamat kelak dan hari penimbangan amal, kemudian di tegaskan pula pada surat ini bahwasannya Al Quran itu adalah wahyu yang diturunkan oleh Allah Ta’ala dan bukan rekayasa manusia.
  • Selain penjelasan hari kiamat, dalam surat Al Haqqah memuat peringatan kepada orang orang yang ingkar dan membangkang kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam.
  • Dalam surat Al Haqqah dijelaskan dengan sangat terang bahwasannya orang yang amalnya baik akan masuk kedalam surga dan menjadi Ahli Surga dan orang yang ingkar akan menjadi ahli neraka serta kekal didalamnya untuk selama-lamanya.

Tentunya pokok pembahasan surat Al Haqqah tidak terbatas pada apa yang telah kami sampaikan diatas, silahkan pelajari dengan membaca kita tafsir Al Quran atau mempelajarinya kepada ustadz ahli tafsir yang ada.