Teknik Menggunakan Kompas Untuk Pemula

teknik menggunakan kompas

Discoverystlucia.com – Kompas merupakan alat penunjuk arah yang berupa panah penunjuk Magnetik yang menyelaraskan dirinya dengan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan arahan yang sangat membantu dalam bidang navigasi, arah mata angin yang ditunjukkannya antara lain utara, selatan, timur, dan barat.

Untuk belajar menggunakan kompas berikut adalah tata caranya :

1. Pahami tata letak dasar kompas

Setiap kompas memiliki desain yang berbeda-beda, tapi pada intinya setiap kompas memiliki jarum magnet yang mengarahkan dirinya ke medan magnet di bumi. Untuk lebih memahami kompas, Berikut adalah komponen sederhana untuk anda ketahui :

  1. Base-plate, adalah piringan yang terbuat dari plastik sebagai tempat kompas tertanam.
  2. Panah arah berjalan, adalah panah di base-plate yang menunjukkan arah kebalikan kompas.
  3. Rumah kompas, adalah lingkaran plastik yang menampung jarum kompas.
  4. Dial derajat, adalah dial yang dapat diputar mengitari kompas 360 titik derajat dalam lingkaran.
  5. Jarum magnet, adalah jarum yang berputar dalam rumah kompas.
  6. Panah penunjuk, adalah panah non Magnetik pada rumah kompas.
  7. Garis penunjuk, adalah garis dalam rumah kompas yang sejajar dengan panah penunjuk.

2. Pegang kompas dengan benar

Letakkan kompas pada bidang datar maupun pada telapak tangan. Letakkan posisi tangan didepan anda merupakan sikap yang baik untuk mengetahui arah melalui kompas.

teknik menggunakan kompas
Gambar kompas | via masjawa.com

Bisa juga diletakkan pada peta jika anda sedang berusaha mengetahui arah dan membaca peta. pada intinya kompas diletakkan pada bidang datar agar lebih akurat.

Sumber: cara menggunakan kompas

3. Tentukan arah mana yang anda hadapi

Sebagai percobaan latihan dasar, ada baiknya untuk mengetahui arah mana yang sedang anda hadapi. Lihat pada jarum Magnetik yang berayun ke sisi lain, kecuali jika anda menghadap utara.

  1. Putar dial derajat sampai panah penunjuk sejajar dengan panah Magnetik. arahkan kompas ke utara, kemudian temukan arah yang anda hadapi dengan melihat ke panah Magnetik. Jika panah menunjukan arah N, berarti anda sedang menghadap north (utara).
  2. Cari di mana arah panah berpotongan dengan dial derajat. Untuk mendapatkan petunjuk yang lebih akurat, lihat dengan jelas penanda derajat pada kompas. Jika penanda memotong di 23, maka anda menghadap 23 derajat dari utara.

Perhatikan perbedaan antara Utara “Sejati” dengan Utara “Magnetik”. Mungkin tampak membingungkan bahwa ada dua jenis utara, sudah merupakan perbedaan dasar yang akan anda pelajari dengan cepat.

Dan hal ini merupakan bagian informasi yang penting untuk dipelajari agar menggunakan kompas dengan baik dan benar.

  • Utara Sejati atau Utara Peta mengacu pada titik dimana semua garis bujur bertemu pada peta. Semua peta ditata sama dengan Utara Sejatinya berada di bagian atas peta. Sayangnya karena adanya variasi dalam medan magnet, kompas tidak akan menunjuk ke utara sejati.
  • Utara Magnetik mengacu pada kemiringan medan magnet, sekitar 11 derajat kemiringan sumbu bumi, sehingga membuat perbedaan antara utara sejati dengan utara Magnetik sebesar 20 derajat pada beberapa tempat. Tergantung pada posisi anda saat ini, anda juga harus memperhitungkan pergeseran Magnetik untuk dapat membaca arah dengan tepat.