Tempat Liburan di Lombok Dekat Bandara yang Sayang Dilewatkan

tempat liburan di lombok

Ada sederet tempat liburan di Lombok dekat bandara mulai dari wisata alam seperti Pantai Kuta dan Tanjung Aan, hingga mengunjungi desa wisata di Desa Sade dan Desa Sukarara.

Salah satu modal transportasi yang memudahkan wisatawan untuk sampai ke Pulau Lombok adalah Bandar Udara Internasional Lombok atau Lombok Internasional Airport (LOP). Bandara ini terletak di wilayah Lombok Tengah.

Ada banyak sekali tempat liburan di Lombok dekat bandara yang bisa Anda kunjungi ketika sudah mendarat. Berikut ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar kunjungan berikutnya.

Rekomendasi Tempat Liburan di Lombok Dekat Bandara bagi Para Pecinta Alam

Lombok merupakan surganya destinasi alam, apalagi keindahan pantainya.

  1. Pantai Kuta Lombok
wisata lombok tengah
Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok atau kini lebih dikenal dengan nama Pantai Kuta Mandalika hanya berjarak sekitar kurang dari 21 menit berkendara saja dari bandara. Sesampainya di Pantai Kuta Lombok, Anda akan disambut dengan hamparan pantai pasir putih dengan air laut yang biru jernih.

Anda bisa menikmati berbagai kegiatan air di pantai ini mulai dari berenang, snorkeling, diving, atau menyewa permainan air.

Perlu diketahui bahwa wilayah Kuta Lombok saat ini menjadi salah satu bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang tengah dibangun oleh pemerintah Nusa Tenggara Barat. Sepanjang jalan Kuta kini sudah diperbaiki sehingga akses menuju pantai dapat dicapai dengan lebih mudah.

Terlebih lagi, dengan dikembangkannya KEK maka sudah pasti akomodasi dan transportasi di sekitar daerah ini akan menjadi lebih terjangkau bagi wisatawan.

  • Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan
Pantai Tanjung Aan

Tidak jauh dari Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan hanya terpisah 4 kilometer saja. Jika dari bandara, Anda perlu berkendara sekitar 30 menit. Pantai Tanjung Aan jauh lebih indah dari Kuta Lombok. Terlebih lagi, pantainya masih sepi dari peradaban sehingga sangat nyaman untuk menghabiskan waktu di sini.

Keunikan dari Pantai Tanjung Aan adalah pasir putihnya. Terbentang sepanjang 2 kilometer, pantai bagian utara memiliki pasir seperti merica sedangkan pantai bagian selatan memiliki pasir seperti tepung. Ditambah lagi, pantainya sangat jernih, dangkal, dan ombaknya tenang, sehingga sangat cocok untuk wisata bersama anak-anak.

Rekomendasi Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara Jelajah Desa Wisata

Sudah puas bermain di pantai, lanjutkan perjalanan liburan Anda di Lombok dengan mengunjungi desa wisata di bawah ini.

  1. Desa Sade
Desa Sade
Desa Sade

Desa Sade sangat dekat dengan bandara dimana Anda hanya perlu berkendara sekitar 15 menit saja untuk sampai kesini. Saat sampai di Desa Sade, Anda akan disambut dengan bangunan rumah adat yang terbuat dari tiang bambu, dinding anyaman bambu, dan atap alang-alang.

Sejak 600 tahun yang lalu, Desa Sade merupakan desa yang dihuni oleh suku Sasak asli yang mendiaminya hingga sekarang.

Di waktu tertentu, Anda bisa menyaksikan acara adat seperti tari peresean. Namun, dihari biasa Anda tetap bisa melihat kebiasaan warga yang unik seperti menenun kain songket. Bahkan, Anda bisa menyaksikan warga mengepel lantai dengan kotoran kerbau.

  • Desa Sukarara
tempat liburan di lombok
desa sukarara

Nah, Desa Sukarara merupakan desa yang dikenal sebagai sentra pengrajin kain tenun khas Lombok. Hampir seluruh wanita yang tinggal di sini merupakan penenun. Anda bisa belajar langsung dari mereka untuk merasakan bagaimana menggunakan alat tenun. Kemudian, memilih kain tenun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Desa Sukarara hanya berjarak 20 menit saja dari bandara.

Walaupun masih ada banyak tempat liburan di Lombok dekat bandara lainnya, namun daftar di atas merupakan rekomendasi yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan.

Jadi, jika Anda ingin ke Lombok bisa gunakan paket liburan ke Lombok, dan bila waktu liburan Anda singkat, Anda bisa memilih liburan di destinasi dekat bandara. Sehingga Anda bisa lebih banyak menikmati keindahan alam Lombok, seperti pantai cantiknya.