Tips Dan Cara Membayar Tagihan Bulanan Lebih Mudah Tanpa Ribet

Tips Dan Cara Membayar Tagihan Bulanan Lebih Mudah Tanpa Ribet

Membayar tagihan bulanan merupakan sebuah hal yang sudah banyak dilakukan banyak kalangan. Tagihan-tagihan tersebut biasanya seperti tagihan PAM, kartu kredit, listrik, tv kabel, asuransi, BPJS, dan lain sebagainya.

Beberapa orang merasa kerepotan dan ribet ketika harus membayar tagihan bulanan.Padahal ternyata, ada beberapa hal kecil yang dapat menguntungkan, namun sering terlewatkan pada saat membayar tagihan bulanan. Berikut uraiannya.

Tips Dan Cara Membayar Tagihan Bulanan Lebih Mudah Tanpa Ribet
Tips Dan Cara Membayar Tagihan Bulanan Lebih Mudah Tanpa Ribet

Tips Membayar Tagihan Bulanan

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan pada saat membayarkan tagihan bulanan, antara lain:

  • Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Biasakan untuk membayar tagihan bulanan sebelum tanggal jatuh tempo, bukan pada saat tanggal jatuh tempo. Bahkan akan lebih baik lagi jika Anda membayar tagihan bulanan jauh-jauh hari yaitu jauh sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Jika tiba-tiba ada sesuatu hal yang harus Anda kerjakan secara mendadak, hal tersebut dapat membuat Anda menjadi tidak bisa melakukan pembayaran tagihan dengan baik. Dapat di pastikan jika Anda harus membayar bunga serta denda atas keterlambatan.

  • Pertimbangkan Komponen Biaya

Saat Anda melakukan pembayaran tagihan bulanan, Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal yakni denda keterlambatan, bunga maupun administrasi. Biaya-biaya ini biasanya berjumlah kecil, namun jika diperhitungkan ternyata total jumlahnya lumayan besar. Anda dapat membayar kartu kredit dengan kartu tabungan yang mempunyai bank pembuat sama guna memotong biaya administrasi.

  • Pastikan Jumlah Pembayaran

Jangan membayar tagihan Anda dengan tergesa-gesa terutama untuk tagihan kartu kredit karena akan sangat rentan memicu kesalahan dalam proses pembayaran tagihan Anda. Proses pembayaran wajib dilakukan dengan tenang dan juga teliti. Jadi, pastikan jika semua tagihan sudah terbayarkan dengan jumlah tepat.

  • Bayar Cicilan diatas Biaya Minimum

Sebaiknya Anda membayar tagihan diatas biaya minimum yang ditetapkan supaya terhindar dari terjerat hutang yang lebih besar dari jumlah uang yang Anda pinjam sebelumnya. Karena di setiap bulannya Anda akan mendapatkan tambahan bunga pada setiap pembayaran.

  • Manfaatkan Transfer Balance

Banyak orang yang tidak mengetahui fasilitas transfer balance ini. Fasilitas ini akan membantu Anda dalam melakukan pemindahan kartu kredit dari bank yang memiliki penawaran bunga dalam presentase kecil.

  • Buat Jadwal Pembayaran Tetap

Dalam membayarkan tagihan bulanan, sebaiknya Anda melakukan pembayaran secara terjadwal. Hal ini untuk memudahkan Anda lebih tepat waktu untuk melakukan tagihan pasti di setiap bulannya.

  • Terima Tagihan Lewat Email

Melalui surat tagihan elektronik ini, akan lebih mudah dalam menyetting kredit bulanan tersebut. Anda bisa membuat folder khusus di email untuk semua tagihan agar pengeluaran lebih terkontrol. Nah, dengan kelebihan ini Anda pasti lebih mudah dalam mengontrol tagihan bulanan apakah sudah terbayar atau belum.

  • Bayar dengan Autodebet

Dengan fasilitas autodebet, tagihan Anda bisa otomatis di potong di dalam saldo tabungan bulanan. Sehingga Anda tidak perlu repot menginput tagihan lewat mobile banking atau membayar tagihan lewat ATM.

Untuk Anda yang masih ribet dengan urusan tagihan bulanan, gunakan aplikasi paper.id untuk mempermudah pengelolaan tagihan bulanan Anda. Selain mudah juga akan lebih efektif lho.