Tips Dan Trik Menulis Surat Informal Ielts Writing Task


ielts writing task adalah salah satu bagian dari reading, writing dan listening yang ada di dalam tes IELTS. Tentunya Anda sudah mengetahui jika dalam writing task akan ada tugas untuk membuat surat formal atau informal. Kali ini akan dibahas secara singkat mengenai tips dan trik dalam menulis surat informal yang efektif.

Mengidentifikasi audiens
Ketika dalam petunjuk soal ielts writing task Anda diminta menulis surat kepada teman, maka surat yang harus ditulis adalah surat informal. Dalam petunjuk soal biasanya akan tertulis petunjuk kepada siapa Anda harus menulis surat dan mengapa surat tersebut ditulis. Surat informal ini akan menunjukkan gaya pribadi seperti layaknya berkomunikasi dengan seorang teman dan cerewet.
Biasanya dalam petunjuk soal akan ditulis topik mengenai pekerjaan seperti alasan mengapa Anda merubah pekerjaan. Meskipun membahas mengenai pekerjaan, karena surat tersebut ditujukan kepada seorang teman maka gaya yang digunakan bersifat informal. Jika mendapatkan petunjuk demikian, maka poin yang harus ada dalam surat Anda adalah mengenai alasan mengubah pekerjaan, bagaimana pekerjaan baru Anda dan bisa ditutup dengan berita lainnya tentang Anda.

Pembuka dan penutup surat
Dalam surat informal yang ditujukan kepada seorang teman, Anda bisa membukanya dengan menunjukkan minat tentang bagaimana teman Anda melakukan sesuatu. Anda juga bisa merujuk sebuah peristiwa yang sebelumnya sudah dibahas bersama. Atau Anda bisa membukanya dengan menyebutkan atau membahas kembali sesuatu yang dikatakan oleh teman Anda pada surat sebelumnya.
Anda bisa membuka surat dengan kalimat “I’m writing to tell you about something…” dan menutupnya dengan “i’m looking forward to hearing…”.

Struktur dalam paragraf
Menulis sulit informal dalam ielts writing task juga perlu memperhatikan struktur paragraf. Pikirkan butir-butir apa saja yang akan ditulis di dalam surat. Anda bisa memasukkan 4-5 paragraf di dalam surat yang sudah disertai dengan pembuka dan penutup.

Anda juga perlu memperhatikan grammar yang digunakan. Anda bisa menggunakan suara aktif untuk membuat surat lebih menarik ketika dibaca. Meskipun surat ini bergaya informal, hindari untuk menggunakan kata-kata yang sederhana dan mengulang kata-kata yang sama. Surat informal dalam ielts writing task adalah kesempatan Anda untuk menunjukkan semua hal yang diketahui dalam 150 kata. Oleh karena itu jangan menyia-nyiakan kesempatan ini.

Gunakan tanda baca, dan penempatan huruf kapital yang sesuai. Surat informal dalam tes IELTS juga perlu menggunakan struktur, grammar dan tanda baca yang sesuai. Terampil menggunakan leksikal yang tidak lazim dalam persyaratan lexical resource juga harus dipenuhi. Leksikal tersebut harus tetap memiliki makna yang sama dengan tujuan utamanya. Ke semua poin tersebut akan masuk dalam penilaian ielts writing task.