Tips Dasar Parkir Mobil

Memarkir mobil biasa dibedakan menjadi tiga: parkir menyudut, parkir tegak lurus, dan parkir paralel. Parkir menyudut bisa dibilang parkir yang paling mudah, karena bisa dilakukan dengan gerakan maju dan tinggal sedikit membelokkan mobil kita sesuai dengan sudut slot parkir. Pada parkir tegak lurus, posisi slot parkir tegak lurus terhadap arah laju mobil. Adapun pada parkir paralel, posisi slot parkir searah dengan laju mobil kita sedemikian sehingga mobil-mobil lain terletak di depan dan di belakang slot parkir kita. Cara termudah dan teraman untuk parkir tegak lurus dan parkir paralel adalah dengan berjalan mundur. bus pariwisata pekanbaru

Cara parkir tegak lurus:

Ambil posisi ancang-ancang, tegak lurus slot parkir, sekitar 2 meter melebihi slot parkir.
Set gigi transmisi ke R (mundur).
Mulai mundur pelan-pelan sambil membelokkan setir penuh ke kanan (jika slot parkir di sebelah kanan) atau ke kiri (jika slot parkir ada di sebelah kiri). Tengok ke belakang untuk memastikan posisi mobil.
Begitu referensi kanan dan kiri bagian belakang mobil terlihat pada posisi simetris (lihat dari spion kanan dan kiri), hentikan mobil lalu luruskan setir.
Maju atau mundurkan mobil pada posisi yang sesuai.

Ada cara lain yang lebih mudah dengan syarat ada ruang yang cukup lebar. Caranya adalah, setelah memundurkan mobil sambil membelokkan setir ke kanan (jika slot parkir di sebelah kanan), majukan mobil ke depan sambil membelokkan setir ke kiri, lalu putar setir ke kanan dan mundurkan mobil menuju slot parkir. Atau lebih simpel lagi, begitu mobil Anda dalam gerakan maju dan mendekati slot parkir, langsung belokkan menyerong ke arah kiri (jika slot parkir di sebelah kanan), kemudian putar setir ke arah kanan sembari memundurkan mobil memasuki slot parkir yang tersedia.

Untuk keluar dari slot parkir tegak lurus, majukan dulu mobil Anda hingga cukup keluar dari slot, baru kemudian belokkan ke kanan atau ke kiri. Jika Anda terlalu dini membelokkan mobil Anda ke kanan atau ke kiri, lambung mobil Anda bisa menabrak mobil atau obyek di sampingnya.

Cara parkir paralel:

Posisikan mobil Anda sejauh sekitar 1 meter disamping slot parkir.
Ukur slot parkir dengan cara melewatinya. Perkirakan apakah slot parkir cukup untuk mobil Anda.
Ambil posisi ancang-ancang dengan melewati slot parkir sedemikian sehingga bagian belakang mobil Anda menjauh sekitar 1 meter dari slot parkir.
Set gigi transmisi ke R (mundur).
Mulai mundur pelan-pelan. Ketika awal dari slot sejajar dengan sandaran kursi belakang (bingkai penanda pada jendela belakang, atau pada jendela tengah untuk mobil yang lebih panjang), putar setir penuh ke kiri (untuk parkir paralel di sisi kiri jalan). Kemudian, begitu SELURUH bagian depan mobil di belakang Anda terlihat pada spion kanan (untuk parkir paralel di sisi kiri jalan), putar balik setir penuh ke kanan hingga mobil pada posisi lurus dan simetris.
Luruskan setir lalu maju atau mundurkan mobil Anda pada posisi yang sesuai.